PROSENTASE STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI STKIP PGRI JOMBANG SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Pandemi Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi yang melanda di seluruh dunia. Angka penularan Covid-19 terhadap kegiatan banyak orang dibatasi melalui upaya kebijakan dibentuk oleh pemerintah Indonesia agar mengurangi penyebaran Covid-19. Salah satunya di bidang pendidikan dengan kegiatan belajar mengajar di rumah. Proses pembelajaran berubah menjadi jarak jauh melalui penugasan-penugasan dan sistem bantuan internet membuat terjadinya stres akademik pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosentasi stres akademik mahasiswa dalam menjalani pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif deskriptif dengan sampel penelitian sebanyak 141 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala likert dengan instrument penelitian kuesioner skala stres akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan stres akademik pada responden 7,1% sangat rendah, responden 22,7% rendah, responden 34% sedang, responden 29,1% tinggi, dan responden 7,1% sangat tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini pembelajaran jarak jauh terhadap mahasiswa pendidikan jasmani STKIP PGRI Jombang sebagian besar mengalami stres akademik sedang
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agusdwitanti, A., Retnaningsih & Tambunan, S. Kelekatan dan Intimasi Pada Dewasa Awal. J. Psikol. 8, 18–24 (2016).
Andiarna, F. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. J. Psikol. 16, 139–150 (2020).
Anadita, D. Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Siswa yang Mengikuti Pembelajaran Daring. Borobudur Psychol. Rev. 1, 38–45 (2021).
Aulia, S. & Panjaitan, R. U. Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. J. Keperawatan Jiwa 7, 127 (2019).
Chabas, D. & Waubant, E. Demyelinating Disorders of the Central Nervous System in Childhood. (2017).
Cucinotta, D. & Vanelli, M. WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomed. 91, 157–160 (2020).
Damayanti, T. Della. Strategi Koping Siswa dalam Menghadapi Stres Akademik di Era Pandemi Covid-19. Academica 4, 185–198 (2020).
D’Hondt, F. et al. Factors Associated with Mental Health Disorders among University Students in France Confined during the COVID-19 Pandemic. JAMA Netw. Open 3, 1–13 (2020).
Faber, H. Code Green on Dyscalculia A Guide for Educators, Parents, Counselors, and other Professionals. (Notion Pres, 2021).
Hsu, H. Age Differences in Work Stress , Exhaustion , Well-Being , and Related Factors From an Ecological Perspective. (2019). doi:10.3390/ijerph16010050
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E. & Kuswanto, H. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - J.Teknol. Pendidik. 22, 65–70 (2020).
Irman Tabroni, Fathra Annis Nauli, Gambaran tingkat Stres dan Stresor pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Negeri. 13, 149–164 (2021).
Jatira, Y. & Neviyarni, S. Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif J. Ilmu Pendidik. 3, 35–43 (2021).
Julika, S. & Setiyawati, D. Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Stres Akademik, dan Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa. Gadjah Mada J. Psychol. 5, 50 (2019).
Kartika, R. Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres pada Mahasiswa akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. 1–11 (2020).doi:https://doi.org/10.31234/ osf.io/nqesb
Kementerian Kesehatan & (P2P). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus disesase (covid-19). (Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 2020).
Kurniasih, E. P. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Pros. Semin. Akad. Tah. Ilmu Ekon. dan Stud. Pembang. 2020 277–289 (2020).
Ariani, R., Syahputra, E., Sinaga, N., Pratiwi, D. F. & Suhaymi, E. Ragam Penanganan dan Pencegahan COVID -19 di Rumah Sakit dan Klinik Primer. (Umsu Press, 2020).
Livana, Mubin Mohammad Fatkhul & Basthomi, Y. ‘Tugas Pembelajaran’ Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa 3, 203–208
(2020).
Mahmud, R. & Uyun, Z. Studi Deskriptif Mengenai Pola Stres pada Mahasiswa Pratikum. J. Indig. Vol. 1 No. 2 1, 52–61 (2017).
Maulina, B. Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. 4, 1–5 (2018).
Mesoamerican Archaeology Theory and Practice. (Wiley, 2021).
Mona, N. Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di indonesia) Jurnal Sosial Humaniora Terapan. 2, 117–125 (2020).
Mustaqin, H., & Amelia, K. (Eds. ). (2020). M. M. I. A. C.-19 T. L. P. Minda Mahasiswa Indonesia: Ancaman Covid-19 Terhadap Legitimasi Politik. (Syiah Kuala University Press., 2020). Napitupulu, R. M. Dampak pandemi Covid- 19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. J. Inov. Teknol. Pendidik. 7, 23–33 (2020).
Nastasi, B. International Handbook of Psychological Well-Being in Children and Adolescents: Bridging the Gaps Between Theory, Research, and Practice. (Amerika Serikat: Springer New, 2015).
Nugraheni, A. K. Stres Akademik dan Kesejahteraan Subjektif pada mahasiswa Tingkat Pertama dan Mahasiswa Tingkat Akhir. (Skripsi Tidak Diterbitkan, 2012). in Indonesia. 228–239 (2021).
Pardamean, E. & Lazuardi, M. J. Hubungan Jenis Kelamin Dengan Stres Psikologis Pada Siswa-Siswi Kelas Xi Jurusan Ipa Di Sma X Tangerang. Nurs. Curr. J. Keperawatan 7, 68 (2019).
Potter & Perry. Fundamental Keperawatan Edisi 7. in Edisi 7 (Salemba Medika, 2010).
Rahmi, N. Hubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan Poltekes Kemenkes NAD TA. 2011/2012. J. Ilm. STIKes U’Budiyah 2, 66–76
(2013).
Rohmatillah, W. & Kholifah, N. Stress Akademik antara Laki-laki dan Perempuan Siswa School from Home. J. Psikol. J. Ilm. Fak. Psikol. Univ. Yudharta Pasuruan 8, 38–52
(2021).
R, T. Management of Academic Stress and Anxiety Among School Children. (Partridge Publishing Singapore, 2016).
Sagita, D. D., Fairuz, S. U. N. & Aisyah, S. Perbedaan Stres Akademik Mahasiswa Berdasarkan Jenis Kelamin. J. Konseling Andi Matappa 5, 9–12 (2021).
Sarwoko. Filsafat Keperawatan. (Salemba Medika, 2009).
Shadid, A., Shadid, A. M., Shadid, A., Almutairi, F. E. & Khalid, E. Stress , Burnout , and Associated Risk Factors in Medical Students Study design and population. Cureus 12, 1–13 (2020).
Santrock, J. Adolescence. (Erlangga, 2017).
Stuart, G. W. Principles and Practice of Psychiatric Nursing. Elsevier 81, (2013).
Tavris, C. Psychology Revel Access Code. (Pearson, 2019).
Taroor, R. Management of Academic Stress and Anxiety Among School Children. (Partridge Publishing Singapore, 2016).
Ulani Yunus, M. M., Pantri Heriyati, S. E., Com, M., Lindawati, A. S. L., Willyarto, M. N., & Kom, S. Branding Perguruan Tinggi di Era Digital. (Penerbit Qiara Media, 2019).
Utami, M. S., Shalihah, M. & Adhiningtyas, N. P. Gratitude Cognitive Behavior Therapy ( G-CBT ) to Reduce College Students ’ Academic Stress. J. Psikol. 47, 137–150 (2020).
Wahyudhi, Q. I., Winarsunu, T. & Amalia, S. Kematangan sosial dan problem focused coping pada laki-laki usia dewasa awal. J. Ilm. Psikol. Terap. 7, 52 (2019).
Wanda Miftah Fatihah. Pengaruh Study From Home Pada Stres Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. (2021). doi:https://doi.org/10.31219/osf.io/m g2nk
Wang, Y., Jing, X., Han, W., Jing, Y. & Xu, L. Positive and negative affect of university and college students during COVID-19 outbreak: a network-based survey. Int. J. Public Health 65, 1437–1443 (2020).
Wedasuwari, I., Tamba, I. & Sari, K. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Unmas Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Pros. Semin. Reg. Pengabdi. Kpd. Masy. Unmas Denpasar di Masa Pandemi Covid- 19 Tahun 2020 (2020).21 Maret 2020, Denpasar, Bali. Hal.222-227.
Zakso, A. Impact of Student Learning at Home Prevent Pandemic Covid-19
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v6i2.5973
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY