TINGKAT KEJENUHAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Haikal Millah, Ucu Muhammad Afif, Wahyu Danur Pratama

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan oleh SMAS KH. Z Musthafa Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan kuesioner yang dilakukan secara online lalu data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Sampel penelitian adalah Siswa kelas XI menggunakan proportional random sampling sebanyak 64 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat kejenuhan siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa dalam kategori sedang dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa tidak terdapat hubungan signifikan dengan subjek siswa kelas 11. Simpulan Penelitian ini adalah kejenuhan siswa secara umum dalam kategori sedang dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa tidak terdapat hubungan signifikan.

Kata Kunci


Kejenuhan, Pembelajaran PJOK, Pandemi covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta, Indonesia: Rineka cipta.

Aziz, A. A., Yusof, K. M., & Yatim, J. M. (2012). Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Students’ Perspectives. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 56, 22-30.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif. Jurnal Pendidikan. Vol 2 No 1 (2020). https:// edukatif.org/ index.php/ edukatif /article/view/89 DOI: https: //doi.org/10.31004/ edukatif.v2i1.89.

Firmansyah, E. (2013). Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Kawasan Hutan Lindung Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, dkk. (2012) PAIKEM, Yogyakarta : Zafana Publising, 71.

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70.

Jannah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47-58.

Jihad, A. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari https://kbbi.web.id/.

Kemendikbud (2020), Surat Edaran No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi pendidikan. Depok, Indonesia: PT Rajagrafindo Persada.

Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(11), 73-100.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor, Indonesia: Ghalia Indonesia.

Németh, J., & Long, J. G. (2012). Assessing learning outcomes in US planning studio courses. Journal of Planning Education and Research, 32(4), 476-490.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 135-142.

Pratiwi, Endang. (2013). “Dasar- Dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar.†Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional 53(9):1689–99.

Popenici, S., & Millar, V. (2015). Writing Learning Outcomes. A practical guide for academics. University of Melbourne, Australia.

Rahmawati, I. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh berbasis Digital Class Platform Edmodo.

Sudijono, Anas. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Vol. 01.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Suherman, W.S. (2018). Kurikulum Pendidikan Jasmani dari Teori hingga Evaluasi Kurikulum. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Supriyadi, Muhammad. (2018). “Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar.†Jurnal Gelanggang Olahraga 1 (2), 6-11.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syah, Muhibbin. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tandra, H. (2020). Virus Corona Baru Covid-19 Kenali, Cegah, Lindungi Diri Sendiri & Orang Lain. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Untari S.K. (2020). Kreativitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Pandemi Covid-19. Buana Pendidikan, 16.

Vitasari, I. (2016). Kejenuhan Belajar Ditinjau dari Kesepian dan Kontrol Diri Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 7(5), 60-75.

Wibowo, T, & Ferianto, T. K. (2017). Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam M engikuti Pembelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa SMA/MA/SMK Negeri Kelas XI Se-Kecamatan Kota Ponorogo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 5 (01), 117-122. http//ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan jasmani/issuelarchire.

Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49).

Yerusalem, M. R., & dkk. (2020). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol 3 No. 4 (2015). https: //jtsiskom.undip.ac.id/index. php/ jtsiskom /article/view/ 12668 DOI: https ://doi.org/10.14710/ jtsiskom.3.4.2015.481-492.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta, Indonesia: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v6i2.6341

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref