EFEK LATIHAN PLYOMETRIK JUMP TO BOX TERHADAP HASIL JUMP SHOOT PADA PERMAINAN BOLA BASKET

herdi Hartadji, iman rubiana, Melya Nur Herliana, Muh Aripudin

Abstrak


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi tentang pengaruh latihan plyometrik jump to box terhadap hasil jump shoot pada pemain ekstrakurikuler bola basket sekolah Menengah Pertama Negri 5 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain eksktrakurikuler bola basket sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 20 orang. Sample yang di gunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yang artinya seluruh populasi di jadikan sample penelitian. Instrumen penelitian ini adalah tes jump shoot. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis, maka ditemukan pengaruh yang berarti dalam latihan plyometrik jump to box terhadap hasil jump shoot permainan bola basket pemain ekstrakurikuler bola basket Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Tasikmalaya 2020 dengan nilai t’hitung > t’tabel (7,74 > 2,09).

 


Kata Kunci


Kata kunci: Bola Basket, Jump Shoot, Latihan Plyometrik Jump To Box

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adina, F. F., Saichudin, S., & Kinanti, R. G. (2018). Analisis gerak jump shoot terhadap tingkat keberhasilan point di tim bola basket unit kegiatan mahasiswa. Jurnal Sport Science, 7(2), 94–104.

Barlian, E. (2020). Pengaruh Latihan Jump To Box Terhadap Kemampuan Heading. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 73–79.

Isman, H., Supriatna, E., & Triansyah, A. (2019). Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Pada Peserta Didik Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1).

Milia, M. O., & Aziz, I. (2020). Tinjauan Kemampuan Teknik Passing, Dribling dan Shooting Atlet Bolabasket Klub Nebular Siulak Kabupaten Kerinci. Jurnal Patriot, 2(2), 380–388.

Prasetyo, Y. (2016). Pengaruh latihan deep breathing terhadap peningkatan hasil skor total jarak panahan ronde nasional pada UKM panahan UNY. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Prashnig, B. (2007). The Power of Learning Styles: Mendongkrak Anak Melejitkan Prestasi dengan Mengenali Gaya Belajarnya. Kaifa.

Rubiana, I. (2017). Pengaruh pembelajaran shooting (free throw) dengan alat bantu rentangan tali terhadap hasil shooting (free throw) dalam permainan bola basket. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 3(2).

Subiyono, H. S. S. S. (2015). MINAT SISWA TERHADAP OLAHRAGA BOLA BASKET DI SMP N 1 JATI KUDUS. Journal of Sport Science and Fitness, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v6i2.6381

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref