PROFIL KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK GURU PENJAS SD : ANALISIS BUKU

Ridha Putri Oktaviyanti, Anin Rukmana, Aam Ali Rahman

Abstrak


Penelitin ini dilatar belakangi oleh ketidaksesuaian antar perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan kurikulum 2013. Untuk merespon hal itu maka peneliti melakukan penelitian analisis buku yang bertujuan untuk melengkapi, menambahkan, serta memperbaiki kekurangan penelitian sebelumnya bahwasannya masih ada kesejangan antara materi yang di ajarkan di sekolah dasar dengan universitas membuat guru kurang memahami materi yang disampaikan kepada anak sekolah dasar. Penelitian ini menganalisis buku bahan ajar dan silabus sebagai pengembangan dari kurikulum. Penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan psikomotirk yang harus dimiliki oleh guru Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar yaitu motor chaining sebanyak 56-58%, specific responding sebanyak 24-27%, dan rule using sebanyak 17-18%. Berdasarkan data tersebut maka keterampilan psikomotorik yang harus dimiliki yaitu motor chaining sebanyak 56-58%, specific responding sebanyak 24-27%, dan rule using sebanyak 17-18%.


Kata Kunci


Keterampilan, Psikomotorik, Analisis buku

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


& Permata, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Ajar Silabus Dan Rpp Smk Pgri 1 Limau. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 48. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1315

Apriloka, D. V. (2020). Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau Dari Jenis Kelamin. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 61–67.

https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8106

Ariyanto, A., Triansyah, A., & Gustian, U. (2020). Penggunaan permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan gerak fundamental siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.30785

Bone, U. M. (2019). SEMIOTIK. January. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21963.41767

Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.

Dudung, A. (2018). Penilaian Psikomotor. K a R I M A, 1–220.

Fajrin, S. N., Agustiyawan, A., Purnamadyawati, P., & Mahayati, D. S. (2021). Literature Review : Hubungan Koordinasi Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Pemain Sepak Bola. Indonesian Journal of Physiotherapy, 1(1), 6. https://doi.org/10.52019/ijpt.v1i1.2605

Gabriel, T. L., Anamaria, B., & Mihaela, I. T. (2019). Study regarding psychomotor aspects approached by Romanian authors. Journal of Physical Education and Sport, 19(6), 2297–2304. https://doi.org/10.7752/jpes.2019.s6347

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

I Wayan Krismayadi, Sofyan dan Rahmadi, 2021. (2021). KRITERIA PENILAIAN GURU PENDIDIKAN JASMANI ASPEK PSIKOMOTOR PADA SEKOLAH DASAR MITRA JPOK FKIP ULM Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tentang kurikulum 2013 terkhusus pada penilaian dan evaluasi . kemudian penelitian ini bertujuan un. 2(1), 12–17.

Karisman, V. A., Friskawati, G. F., Supriadi, D., & Barat, J. (2018). Kontribusi Media Pembelajaran Edukatif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar The Contribution of Educative Instructional Media on The Students ’ Fundamental Motor Skill in Physical Education Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan, 185–192.

Kustari, N. E., & Mahendra, A. M. (2020). Studi Deskriptif Mengenai Keterampilan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Se Kecamatan Cileunyi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 382–391. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.27089

Lufthansa, L., Saputro, Y. D., Rohmah, L. N., Yusuf, H., Artanty, A., Kurniawan, R., Elektronik, A., & Adaptif, P. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Mata Kuliah Penjas Adaptif di IKIP Budi Utomo. Journal of Sport Sciences and Fitness, 8(1), 23–32. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jssf

Mahendra, A. (2014). Telaah Kritis terhadap Program PGPJ (Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani) di Indonesia. Jurnal ATIKAN - Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2), 227–238. http://www.journals.mindamas.com/index.php/atikan/article/view/20

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Monggilo, Z. M. Z. (2020). Analisis Konten Kualitatif Hoaks Dan Literasi Digital Dalam @Komikfunday. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.14710/interaksi.9.1.1-18

Murti, T. (2018). Perkembangan Fisik Motorik dan Perseptual Serta Implikasinya pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(1), 21–28. https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p021

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Nurwati, A. (2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 385–400. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.781

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita

Putri, A. (2017). Efl Teachers� Understanding in Developing Lesson Plan. Indonesian EFL Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.25134/ieflj.v2i1.632

Rahmat, A., Jani, J., Salimin, N., M.Khalid, N. H., & Salleh, O. (2012). Comprehensive Assessment Module for First Aid in Physical and. Ovidius University Annals, Series Physical Education & Sport/Science, Movement & Health, 12(1), 54–59.

Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227

Riyanto, I. A., & Kristiyanto, A. K. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Berbasis Permainan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(1), 94. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i1.8679

Rojo-Ramos, J., González-Becerra, M. J., Gómez-Paniagua, S., Carlos-Vivas, J., Acevedo-Duque, Ã., & Adsuar, J. C. (2022). Psychomotor Skills Activities in the Classroom from an Early Childhood Education Teachers’ Perspective. Children, 9(8), 1214. https://doi.org/10.3390/children9081214

Sofyan, D., Fauzi, R. S., Sahudi, U., Rustandi, E., Priyono, A., & Indrayogi, I. (2022). Alternatif Meningkatkan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar: Pendekatan Bermain. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 438–448. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2260

Sulistyani, S. A. (2021). Implementation of Unschooling Education Model As An Effort to Develop Tolerance Values. Dialog, 44(2), 152–165. https://doi.org/10.47655/dialog.v44i2.459

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). 済無No Title No Title No Title. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2

Widiati, U. (2015). Kurikulum dan silabus. Journals of Universitas Terbuka, 022, 1–43. U Widiati - pustaka.ut.ac.id




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v6i2.6382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref