Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Matakuliah Atletik di Universitas Bengkulu
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar kognitif Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain faktorial 1x3, mengacu pada rancangan pre-eksperimen bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matakuliah atletik di Universitas Bengkulu yang berjumlah 90 mahasiswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik  random sampling dari 3 kelas berjumlah 36 mahasiswa kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan hasil tes pretest dan postestserta kuisioner. Penelitian ini dilakukan selama 7 minggu dengan memberi perlakuan selama 5 minggu. Data dianalisis dengan bantuan program Software SPSS Statistic 17.0.Hasil penelitian analisis anava satu jalan gaya belajar F hitung sebesar 17,759 lebih besar dari F tabel 0,05 sebesar 3,29 berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya belajar visual, auditori dan kinestetik terhadap hasil belajar kognitif matakuliah atletik. Analisis uji – t menunjukkan bahwa nilai signifikan < 0,05 (1.68) dan nilai korelasi diperoleh sebesar 0,119 dengan signifikansi 0,396, menyatakan nilai postets dan pretest terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada matakuliah atletik melalui media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.Maka terdapat pengaruh multimedia interaktif atletik dengan gaya belajar auditori lebih efektif terhadap hasil belajar kognitif dari pada gaya belajar visual dan kinestetik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amahoru, N. M., Ad’dien, A., & Jamaluddin, J. (2020). Peningkatan Teknik Lompat Jauh Melalui Metodi Konvensional Pada Siswa Kelas X TK I di SMK Negeri 6 Makassar. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 10(2), 59. https://doi.org/10.26858/com.v10i2.13186
Anshori, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(2), 88–100.
Arora, P. (2019). Use of Information technology in Physical Education. International Journal of Physiology, Nutrition and Physical Education, 4(1), 2259–2260.
Dwitama, M. R., & Wibowo, A. T. (2022). Pengaruh Kombinasi Metode Latihan Daya Tahan (Interval Training, Fartlek, Latihan Jarak Jauh) Terhadap Peningkatan Daya Tahan Atlet Atletik Nomor Lari 1500 Meter pada Klub Atleti YEFTA dan HELDA di Kota Cilegon. Jurnal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, Training), 6(2), 45–52.
Kaliyadan, F., & Kulkarni, V. (2019). Types of variables, descriptive statistics, and sample size. Indian Dermatology Online Journal, 10(1), 82. https://doi.org/10.4103/idoj.IDOJ_468_18
Kerlinger, F., Koesoemanto, & Simatupan, L. (2003). Asas-asas penelitian behavioral (3rd ed.). Gadjah Mada University Press.
Kioumourtzoglou, I., Zetou, E., & Antoniou, P. (2022). Multimedia As a New Approach for Learning in Physical Education. Arab Journal of Nutrition and Exercise (AJNE). https://doi.org/10.18502/ajne.v6i1.10065
Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(3), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Arwin. (2020). Pembelajaran Atletik (1st ed.). ElMarkazi.
Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 944. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13726
Raibowo, S., Fathoni, A. F., & Adi, S. (2022). Feasibility of audio-visual teaching materials to support tennis learning. Jurnal Keolahragaan, 10(2), 217–226. https://doi.org/10.21831/jk.v10i2.48830
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vol. 6(No. 2), 146–165. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3881891
Raiyn, J. (2016). The Role of Visual Learning in Improving Students’ High-Order Thinking Skills. Journal of Education and Practice, 7(24), 115–121.
Rogowsky, B. A., Calhoun, B. M., & Tallal, P. (2020). Providing Instruction Based on Students’ Learning Style Preferences Does Not Improve Learning. Frontiers in Psychology, 11(2), 164. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00164
Rosmaidah, S., Supriatna, E., & Irmayanti, R. (2021). Gambaran Kejenuhan Belajar Siswa SMK Kelas X. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 257. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7001
Sakat. (2012). Educational Technology Media Method in Teaching and Learning Progress. American Journal of Applied Sciences, 9(6), 874–878. https://doi.org/10.3844/ajassp.2012.874.878
Syofyan, R., & Siwi, M. K. (2018). The Impact of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles on Economics Education Teaching. Proceedings of the First Padang International Conference on Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2018). First Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2018), Padang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/piceeba-18.2018.17
Teoh, B. S.-P., & Kian Neo, T. (2007). Interactive Multimedia Learning: Students’ Attitudes and Learning Impact in an Animation Course. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 6(4), 10.
Yulianci, S., Nurjumiati, N., Asriyadin, A., & Adiansha, A. A. (2021). The Effect of Interactive Multimedia and Learning Styles on Students’ Physics Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 87–91. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.529
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6448
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY