ANALISIS MOTIVASI GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI

Laily Syahiro Nur Syahidah, Ayi Suherman, aam ali rahman

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisa motivasi mengajar guru pendidikan jasmani sekolah dasar di era pasca pandemi. Metode penelitian ini berjenis Kualitatif dengan desain studi kasus. Dalam hal ini untuk motivasi guru dalam meningkatkan kualitas pengajar setelah pasca pandemi yang menghambat pembelajaran disekolah dasar. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 21 guru pendidikan jasmani sekolah dasar Kecamatan Tanjungsari, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi serta penggunaan Google Form sebagai alat dukungan agar mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasilnya menjelaskan bahwa terdapat 60% guru memiliki motivasi intrinsik yang timbul dengan berbagai sudut pandang yang dijelaskan seperti faktor passion terhadap pekerjaan, profesionalisme, dan pandangan mengubah pendidikan indonesia agar lebih maju. Serta terdapat 40% memiliki motivasi ekstrinsik seperti memiliki dukung dari luar, masa depan yang jelas dan memiliki kebanggan tersendiri menjadi seorang guru. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa motivasi terbesar ialah intrisik yang dimana memiliki motivasi yang paling banyak timbul karena dalam diri memiliki keinginan yang besar untuk mengubah arah pendidikan Indonesia ke arah lebih baik khususnya pasca pandemi dan motivasi dari luar ikut menyumbangkan dorongan yang memiliki makna lebih terhadap arah serta membentuk keprofesional dalam bidang kependidikan. Selain itu penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi guru atau akademisi sebagai salah satu solusi agar dapat mengembangkan motivasi guru Pendidikan jasmani disekolah dasar di pasca pandemi.


Kata Kunci


Guru Pendidikan Jasmani, Motivasi, Pasca Pandemi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aguirre-Loaiza, H., Mejía-Bolaño, A., Cualdrón, J., & Ospina, S. (2021). Psychology, Physical Activity, and Post-pandemic Health: An Embodied Perspective. Frontiers in Psychology, 12(March), 10–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.588931

Allen, I. E., & Seaman, C. A. (2007). Likert scales and data analyses. Quality Progress, 40(7), 64–65.

ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Brigham, T. J. (2014). Taking advantage of Google’s Web-based applications and services. Medical Reference Services Quarterly, 33(2), 202–210.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Catio, M., & Sunarsi, D. (2020). Analisa Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada Smk Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 16–26. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2708

Chiu, C.-H., Cheng, H.-W., & Wu, C.-Y. (2016). Applying questioning or reading strategy to review technology enhanced coedited notes of elementary school students. The Journal of Educational Research, 109(2), 111–121.

Colquitt, J., Lepine, J., & Wesson, M. (2019). Organizational behavior : improving performance and commitment in the workplace , 6e chapter by chapter changes.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faizin. (1992). Motivasi Mengajar. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 14(7), 708.

Fraenkel, Jack. R. Wallen, Norman E. Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8 th, Vol. 4, Issue 1). McGraw-Hill.

Han, J., & Yin, H. (2016). Teacher motivation: Definition, research development and implications for teachers. Cogent Education, 3(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1217819

Harahap, R. D. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru Di Smp N 2 Sigambal. Jurnal Eduscience, 5(1), 47–52. https://doi.org/10.36987/jes.v5i1.892

Hein, V., Ries, F., Pires, F., Caune, A., Emeljanovas, A., Ekler, J. H., & Valantiniene, I. (2012). The relationship between teaching styles and motivation to teach among physical education teachers. Journal of Sports Science and Medicine, 11(1), 123–130.

Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Rahayu, D. P., & Fredy, F. (2020). Motivasi Tenaga Pengajar Di Pedalaman Papua Dalam Mengajar dan Melanjutkan Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Fenomenologis). Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 51–63. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p051

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961

Khalil, S., Ibrahim, S., Kalil, M., Saeed, E., Abd-Elrhaman, A., Mostafa, W., & Sliman, M. (2019). Relationship among Nurses ’Locus of Control, Work Motivation Factors, and Their Organizational Commitment Perception of Quality Nursing Care Scale View project Relationship among Nurses ’Locus of Control, Work Motivation Factors, and Their Organizational . American Journal of Nursing Research, 7(2), 167–178. https://doi.org/10.12691/ajnr-7-2-8

Koca, F., & Ph, D. (2016). Motivation to Learn and Teacher – Student Relationship. Journal of International Education and Leadership, 6(2), 1–20.

Lin, Y.-T., Chang, C.-H., Hou, H.-T., & Wu, K.-C. (2016). Exploring the effects of employing Google Docs in collaborative concept mapping on achievement, concept representation, and attitudes. Interactive Learning Environments, 24(7), 1552–1573.

Marheni, E., Ridwan, M., S, A., Purnomo, E., & Soniawan, V. (2020). Meningkatkan Gairah Belajar PJOK Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(3), 149. https://doi.org/10.24036/sb.0590

Maulana, F., Lengkana, A. S., & Sudirjo, E. (2018). JUARA : Jurnal Olahraga Teacher Interaction : A Qualitative Analysis Study in Assessment Learning.

Nurfatin, R. M. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Oleh Kepala Sekolah Ditinjau Dari Manajemen Kurikulum Dan Manajemen Keuangan [Implementation of School Based Management By Principal in Terms of Curriculum Management and Financial Management]. Jurnal Ketopong Pendidikan, 1(1), 22. https://doi.org/10.19166/jkp.v1i1.3819

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pascapandemi, E., Pribumi, A., & Cherubini, L. (2022). Pendidikan di Era Pascapandemi : Anak-anak dan Pemuda Adat.

Patarai, I., Mustari, & Azis, M. (2018). Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Guru. Jurnal Mirai Management, 3(2), 120–133. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai%0AMOTIVASI

Phillippi, J., & Lauderdale, J. (2018). A Guide to Field Notes for Qualitative Research: Context and Conversation. Qualitative Health Research, 28(3), 381–388. https://doi.org/10.1177/1049732317697102

Pradana, F. A. P., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Fondatia, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1090

Pustejovsky, J. E., & Runyon, C. (2014). Alternating renewal process models for behavioral observation: Simulation methods, software, and validity illustrations. Behavioral Disorders, 39(4), 211–227. https://doi.org/10.1177/019874291303900406

Ridder, H.-G. (2014). Book Review: Qualitative data analysis. A methods sourcebook (Vol. 28, Issue 4). Sage publications Sage UK: London, England.

Simarmata, R. H. (2016). Upaya Peningkatan Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 654 †831.

Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Pringsewu Tahun 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.182

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Syamra, Y. (2016). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Pariwisata Di Kota Padang. Economica, 4(2), 258–268. https://doi.org/10.22202/economica.2016.v4.i2.628

Travis, L. (2010). One of many free survey tools: Google docs. Journal of Electronic Resources in Medical Libraries, 7(2), 105–114.

Wahyu, S., Sri, R., & Sofyan, I. (2018). (pp. 184–189).

Widhiarso, W. (2011). SKALO: Program Analisis Skala Guttman. Program Komputer. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Yasser, G. (2019). Motivasi Belajar Mengajar. Jurnal Edukatif, V(1), 50–57.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6530

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref