kesiapan guru penjas menghadapi kurikulum merdeka di sekolah dasar
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana KESIAPAN GURU PENJAS MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR penggerak agar bisa menjadi bahan pertimbangan untuk nantinya bisa dikaji ulang oleh pemerintah terkait kurikulum merdeka ditahun 2024 nanti. Adapun metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi, yang melibatkan 4 orang partisipan guru penjas di 4 sekolah dasar penggerak yang ada di kecamatan sumedang utara, dengan instrumen angket, wawancara dan dokumentasi yang hasilnya  guru penjas masih belum siap dalam menghadapi kurikulum merdeka, perlu diadakannya pendampingan khusus untuk guru penjas yang diberikan oleh orang yang memang paham betul bagaimana kondisi guru penjas saat dilapangan, serta  pelatihan mengenai penyusunan bahan ajar, praktek dilapangan, serta bagaimana sistem penilaian agar nantinya guru penjas siap untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, sehingga tujuan dari kurikulum merdeka ini dapat tersampaikan dengan maksimal.
Â
(Kesiapan Guru Penjas, Kurikulum, Kurikulum Merdeka)
Â
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ester Lince Napitupulu. 2022. Platform Digital Bantu Guru Menerapkan Kurikulum Merdeka. htts:www.kompas.id. diakses pada 13 desember 2022.
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 37-46.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150-5161.
Laulita, U., Marzoan, M., & Rahayu, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 1-17.
Mahendra, A. (2014). Telaah Kritis terhadap Program PGPJ (Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani) di Indonesia. ATIKAN, 4(2).
Purani, N. K. C., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 2 CEMPAGA. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 8-12.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Rofiq, Ahmad Ainur and Zaenal Arifin. 2021. “Implementasi Kurikulum Darurat Madrasah Di MAN I Kota Kediri Ahmad.†Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 2(2):137–48.
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103.
Sari, E., & Noor, A. F. (2022). Kebijakan Pembelajaran Yang Merdeka: Dukungan Dan Kritik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 45-53.
Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380-385.
Sudarma, Momon, 2021. Merdeka Belajar Menjadi Manusia Autentik. Jakarta: PT Elekx Media Komputindo. Hal 3, 6, dan 70
Supriatna, Ucup. 2021. “Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah.†Ta’Limuna 10(01):42–54.
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6548
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY