PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN UNTUK MENINGKATKAN SOSIO-EMOSIONAL

Rudi Haryadi, Abdul Rachman Syam Tuasikal, Gigih Siantoro

Abstrak


Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan pendidikan yang ada pada sekolah dasar memiliki tujuan untuk mengembangkan gerak dasar motorik pada siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dan berapa besar permainan tradisional bentengan dalam pembelajaran PJOK terhadap sosio-emosional siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif  dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa dari  kelas IV SDN X. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan instrumen penelitian yang menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert. Hasil yang didapatkan yaitu meningkatkatnya nilai rata-rata dari pretest sebesar 72.64 ke postest dengan nilai 86.94. Kesimpulan yang di dapatkan yaitu terdapat pengaruh permainan bentengan terhadap sosio emosional siswa.


Kata Kunci


Permainan Bentengan, PJOK, Sosio-emosional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidah, A. F., Rukayah, R., & Dewi, N. K. (2019). Sikap Kerjasama melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(2), 104–112.

Alpian, Y., & Mulyani, R. (2020). Hubungan Keterampilan Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 40–47.

Eva, N., Listina, A. K., Azri, A. N., Claresta, A., Nanditya, A. D., & Dyatika, N. (2021). Perkembangan Sosio Emosional yang Tidak Tepat Akibat Pola Asuh pada Anak Usia Dini. (Vol. 1, No. 1, pp. 29-42). In Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1), 29–42.

Fakhriyani, D. V. (2019a). Kesehatan Mental. Duta Media Publishing, 124.

Fakhriyani, D. V. (2019b). Kesehatan Mental (Vol. 124). Duta Media Publishing.

Ginting, P. J. P. (2019). Penyesuaian Diri Dalam Organisasi. MPU PROCURATIO, 1((2 Oktober)), 219-225.

Hardiansyah, F. (2020). Program bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan keterampilan sosial peserta didik homeschooling. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 129–146.

Hariadi. A, Irfan, A. Z., & Ahlufahmi, D. (2020). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Iswinarti. (2017). Permainan tradisional: Prosedur dan analisis manfaat psikologis. Universitas Muhamadiyah Malang.

Jannah, R. (2017). Upaya meningkatkan keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam. Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47–58.

Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.

Mulyani, N. (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonesia. Diva Press.

Prasetio, P. A., & Praramdana, G. K. (2020). Gobak Sodor dan Bentengan sebagai Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Penjasorkes Berbasis Karakter pada Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Ramdhani, S. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama Di Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Rima, H. (2021). Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Perantau. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Silaswati, D. (2022). Mempersiapkan Kelas yang Kondusif dalam Upaya Optimalisasi Fokus Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6).

Sugito, S., & Alsabah, M. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Pengembangan Daya Tarik Parawisata. Repository.Unpkediri.Ac.Id, 2(1), 1–6.

Sujadi, E. (2019). Penerapan Play Therapy dengan Menggunakan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Sosio Emosional. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 14–24.

Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.

Zamiati, R., Suarman, S., & Riadi, R. M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 5 Dayun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3362–3369(5), 1.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6556

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref