MENGUNGKAP TREN PENELITIAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM JURNAL BEREPUTASI INTERNASIONAL
Abstrak
Permainan Tradisional (Traditional Game) adalah adalah permaina khas daerah yang ada di Indonesia untuk menanamkan nilai-nilai budaya yang merupakan ciri khas suatu budaya tertentu untuk melatih perilakudan mengasah kemampuan kognitif dan motorik individu. Permiannan tradisonal yang menenangkan saat ini sudah mulai terakan oleh waktu. Zaman yang terus berkembang menumbuhkan peradaban budaya yang terus berubah. Tidak hanya pembangunan Seni dan budaya, tetapi juga perkembangan teknologi semakin maju. Perubahan tidak terjadi begitu saja ke lingkungan sosial, tetapi juga ke model dan jenis permainan anak. Anak-anak pada saat ini sudah jarang mengenal permainan tradisional, karena jarang sekali untuk di mainkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran melalui Systematic Literature Review pada artikel yang sudah dipublikasikan mengenai Traditional Game pada jurnal terindeks Scopus antara tahun 2018 sampai dengan tahun 2022.  Systematic Literature Review metode matematika dan statistika yang digunakan untuk mempelajari serta mengidentifikasi pola penggunaan bahan dan menganalisis perkembangan sebuah literatur khusus, terutama untuk kepengarangan, publikasi dan penggunaannya Artikel yang dicari dengan kata kunci Traditional Game  dan Sport menggunakan Aplikasi Publish or Perish 8. Kemudian artikel di tinjau menggunakan kata kunci dan terdapat 86 artikel berkaitan. Temuan dari penelitian ini adalah keefektifan Traditional Game, perkembangan kognitif, motorik dan perikau anak, pengembangan permainan dan anak usia dini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, M., Aqobah, Q. J., Rekreasi, O., Keolahragaan, I., Negeri Jakarta, U., Kedokteran, F., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). BETAWI TRADITIONAL GAMES TO DEVELOP CHILDREN’S SOCIAL SKILLS. 6(2), 151–161.
Ali, M., Aqobah, Q. J., & Tirtayasa, A. (2020). IMPROVING THE BALANCE MOVEMENT OF LOWER-GRADE STUDENTS THROUGH THE MODIFICATION OF ENGKLEK TRADITIONAL GAMES. JPSD, 6(1).
Ali, M., Nugraha, H., Maslikah, U., Aqobah, Q. J., Jakarta, U. N., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). TRADITIONAL GAME-BASED MANIPULATIVE BASIC MOVEMENT MODEL FOR LOWER GRADE ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN. 8(2).
Bores-GarcÃa, D., Hortigüela-Alcalá, D., Fernandez-Rio, F. J., González-Calvo, G., & Barba-MartÃn, R. (2021). Research on Cooperative Learning in Physical Education: Systematic Review of the Last Five Years. Research Quarterly for Exercise and Sport, 92(1), 146–155. https://doi.org/10.1080/02701367.2020.1719276
Fadly Setyaji, M., & Fadilah Amin, B. (n.d.). PENERAPAN PERMAINAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SMK GITA KIRTTI 1 JAKARTA SELATAN APPLICATION OF GROUP GAMES TO IMPROVE PHYSICAL FITNESS IN STUDENTS OF SMK GITA KIRTTI 1 JAKARTA SELATAN. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JOSITA
Islam, U., Muhammad, K., Al-Banjari Banjarmasin, A., Pendidikan, J., Olahraga, D., Kesehatan, A., Sucipto, A., Rosidi, S., Budi, I., & Malang, U. (n.d.). STUDI SEKUENSIAL EKSPLANATORI: AKTIVITAS FISIK DAN KEBUGARAN FISIK MASA PANDEMI GURU.
Jurak, G., LeskoÅ¡ek, B., KovaÄ, M., Sorić, M., KramarÅ¡iÄ, J., Sember, V., Äurić, S., Meh, K., Morrison, S. A., Strel, J., & Starc, G. (2020). SLOfit surveillance system of somatic and motor development of children and adolescents: Upgrading the Slovenian Sports Educational Chart. AUC KINANTHROPOLOGICA, 56(1), 28–40. https://doi.org/10.14712/23366052.2020.4
Lavega, P., Alonso, J. I., Etxebeste, J., Lagardera, F., & March, J. (2014). Relationship between traditional games and the intensity of emotions experienced by participants. Research Quarterly for Exercise and Sport, 85(4), 457–467. https://doi.org/10.1080/02701367.2014.961048
MensSana Jurnal ilmiah Bidang Pendidikan Olahraga, J., Pusat Studi Pendidikan Olahraga, P., dan Rekreasi, K., & Setiawan, E. (n.d.). Mengungkap Tren dan Efek Media Pembelajaran di Kelas Pendidikan Jasmani Berbasis Online: Systematic Literature Review. https://doi.org/10.24036/MensSana.07012022.10
Namlı, S., & Assistant Gönül Tekkurşun Demir, R. (2020). The Relationship between Attitudes towards Digital Gaming and Sports. In The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 19, Issue 1). Gentile.
Pan, Y.-H., Huang, C.-H., Lee, I.-S., & Hsu, W.-T. (2019). Comparison of Learning Effects of Merging TPSR Respectively with Sport Education and Traditional Teaching Model in High School Physical Education Classes. Sustainability, 11(7), 2057. https://doi.org/10.3390/su11072057
Rajšp, A., & Fister, I. (n.d.). A Systematic Literature Review of Intelligent Data Analysis Methods for Smart Sport Training. https://doi.org/10.3390/appxx010005
Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa. 339. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(1).3801
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6593
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY