Perbandingan Tingkat Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Anggota Organisasi dan Non Anggota Organisasi Di Universitas Bengkulu

Andika Prabowo, Mayang T Afriwilda, Oddie Barnanda Rizky, Andes Permadi, Septian Raibowo

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Tingkat Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan jasmani anggota Organisasi dan Non Organisasi Organisasi Di Universitas Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian analisis komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya berjumlah 50 orang, 25 orang mahasiswa Prodi Penjas anggota organisasi dan 25 orang mahasiswa Prodi Penjas non anggota organisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner,  analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata, Uji Prasyarat menggunakan Uji Normalitas dengan sebaran data menggunakan uji liliefors, Uji Homogenitas menggunakan Uji F, setelah Uji prasyarat dilanjutkan dengan Uji t untuk menguji hipotesis signifikansi perbedaan antara kedua jenis sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat berpikir kritis mahasiswa anggota organisasi berada dalam tingkat rata-rata 93,5% dikategorikan “tinggiâ€, sedangkan tingkat berpikir kritis mahasiswa non anggota organisasi berada pada rata-rata 84,9% dikategorikan sedang. Hasil uji beda dengan taraf signifikan 0,05 maka didapatkan nilai hitung t hitung 6,564 > ttabel 2,010

Kata Kunci


Berpikir, Kritis, Mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyorinartri, N. (2019). Motivasi Mahasiswa Berorganisasi Di Kampus. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 27–38. https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.14158

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 108–114. http://journal.unnes.ac.id

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Fullman, N., Yearwood, J., Abay, S. M., Abbafati, C., & Abd-Allah, F. (2018). Measuring performance on the Healthcare Access and Quality Index for 195 countries and territories and selected subnational locations: A systematic analysis from the Global Burden of Disease Study 2016. The Lancet, 391(10136), 2236–2271. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(18)30994-2

Noviana. (2021). Hubungan Pengalaman, Keyakinan, Umur Serta Peran Teman Sebaya Dengan Kemampuan Ibu Primipara Dalam Perawatan Bayi Baru Lahir Dirumah. JURNAL ILMIAH OBSGIN : Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan & Kandungan P-ISSN : 1979-3340 e-ISSN : 2685-7987, 13(1), 50–59. https://stikes-nhm.e-journal.id/JOB/article/view/328

Paskalia Yasinta, Etriana Meirista, & Abdul Rahman Taufik. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika , 2(2), 129–138.

Pujiastuti, T. W. A. A. E. (2018). Analisis Regresi Logistik terhadap Keputusan Penerimaan Beasiswa PPA di FMIPA Unnes Menggunakan Software Minitab. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 755–765.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). PROSES BELAJAR MENGAJAR PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19. 1, 112–119.

Sari, S. amelia, Bahasa, P., Di, A., Digital, E. R. A., V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, J.G.S.Souza, Palembang, F., Palembang, R. F., Intrakampus, O., Interpersonal, K., Hendra, F., Rosyid, M. F., Aziza, L. F., Muliansyah, A., Muslimah, E. O., Kosasih, K., … Fajarini, H. F. (2017). Hubungan Antara Keaktifan Organisasi dengan Prestasi Belajar (Indeks Prestasi) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(1), 94–100. https;//jbasic.org/index.php/basicedu%0Afile:///C:/Users/HP/Downloads/Layanan penerbitan ilmiah LIPI Press di masa pandemi Covid-19.pdf

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yasinta, P., Meirista, E., & Rahman Taufik, A. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl). Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 129–138. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.769

Zulfiana, D. M. (2020). Perfectionism and Subjective Well-Being On Art’s Student Organization. Psycho Holistic, 2(1), 2685–9092. http://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.6773

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref