PENGEMBANGAN DIRI EKSTRAKURIKULER CABANG OLAHRAGA BULUTANGKIS DI SMA NEGERI 18 GARUT

Asep Angga Permadi, Agung Trisna Mukti, Ani Kurniawati

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketangguhan mental pemain ketika bertanding, hal ini dikarenakan salah satu aspek keberhasilan tim yaitu pemainnya memiliki ketangguhan mental. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desktiptif.

Populasi dalam penelitian ini adalah pemain eksterakuliluler bulutangkis di SMA Negeri 18 Garut yang mengikuti pertandingan pada kompetisi kejuaraan bulutangkis se kabupaten Garut, tim yang mengikuti berjumlah 28 tim. Teknik sampling menggunakan probability sampling. Kriteria dalam penentuan sampel ini meliputi: (1) Pemain bulutangkis SMAN 18 Garut yang mengikuti kejuaraan bulutangkis se kabupaten Garut, (2) bersedia menjadi sampel, dan (3) mengisi instrumen yang diberikan oleh peneliti secara penuh. Indeks validitas sebesar - 0,139-0,584 teknik analisis data yang digunakan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang didapatkan yaitu: Pengembangan diri terhadap diri sendiri dengan niali rata-rata 72,3% di kategorikan tinggi, Sedangkan pengembangan diri di dalam keluarga dengan nilai rata-rata 63,7% di kategorikan Sedang , Sedangkan pengembangan diri di sekolah (Lembaga Pendidikan) dengan nilai rata-rata 60,9% di kategorikan sedang, dan sedangkan pengembangan diri di masyarakat dengan nilai rata-rata 61,2% di kategorikan sedang., dan hasil keseluruhan tingkat pengembangan diri ekstrakulikuler bulutangkis di SMA Negri 18 Garut  saat bertanding dengan hasil rata rata 65,1% maka hasilnya dikategorikan sedang. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.


Kata Kunci


engembangan Diri;Ekstrakulikuler;Cabang Olahraga;Bulutangkis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dian, P., & Arif, F. P. (2021). Psikologi Olahraga. Indramayu: Adab.

Husamah, Arina , R., & Rohman , W. (2019). Pengantar pendidikan. Malang: UMM Press.

Puspa, E. (2021). Pelaksanaan Program Pengembngan diri Siswa melalui kegiatan Ekstrakulikuler disma etika Palembang.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiyani. (2013). manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Validitas-reliabilitas. Surabaya: Publishing.

Ovan, & Andika, S. (2020). Aplilasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen penelitian berbasis Web. Takalar Sulawesi Selatan: Di Lindungi Undang-Undang.

Santoso, D. S. (2017). Bulutangkis Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Setiawan, A. (2021). Manajemen Kepemimpinan Dan Pengembangan Bisnis, Dilindungi Undang-Undang.

Suprrayanto, A. (2019). Doman dan penyusunan pengembangan diri bagi guru . Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Widi, H., Syaefudin, & Umi, M. (2012). Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (konsep dan strategi pengembangan). Yogyakarta: Semesta Aksara.

Zulkarnain, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus Sekolah. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Yang Didalamnya Menurut Struktur.

Surat Keputusan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 060/U/1999. Dan Nomor 080/U/1993.

Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992.

Permendikbud No. 36 Tahun 2018

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler ayat (2)

Muhajir. (2007). Pendidikan JAsmani Olahraga & Kesehatan. Ghalia Indinesia Printing.

Moleong, J. Lexy, (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, edisi revisi, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Alsa, A. (2003). Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif serta kombinasinya dalam penelitian Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Mentode Penelitian Kuantitaf, Kualitiatif dan R&D . Bandung: Alfabeta CV.

Edi, F. R. (2016). Teori Wawancara Psikologi. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.

Suhailasar, N., Nurbati, & Arfannudin. (2021). Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII. Guepedia wThe first on-publisher in Indonesia.

Hadjar, I. (2021). Evaluasi Pembelajaran Basaha Arab. Semarang: Southeast Asian Publishing .

Sappaile. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Pendidikan dan Kebudayaan (006), 379 - 391.

Sugiyono. (2014). Mentode Penelitian Kuantitaf, Kualitiatif dan R&D . Bandung: Alfabeta CV.

Arfatin , N., Febri, R., Ulfah , H., & Linda, P. (2021). Pengantar Statistika 1. Bandung: Media sains Indonesia dan Penulis.

Sugiyono. (2017). Mentode Penelitian Kuantitaf, Kualitiatif dan R&D . Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2018). Mentode Penelitian Kuantitaf . Bandung: Alfabeta CV.

Purnomo. (2000). Metodologi penlitian sosial.

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Usman+%26+Pur nomo%2C+2000&btnG=

Sandu, S., & Ali , S. (2015). Dasar Metodologi penelitian. yogyakarta: literasi media publishing.

Willis, S. S. (2014). Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.6818

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref