Latihan El Rondo dengan Pendekatan Game Situasi dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing pada Cabang Olahraga Sepak Bola

Asep Angga Permadi, Ihsan Muhamad, Ani Kurniawati

Abstrak


Setiap pemain bola harus bisa memiliki kemampuan passing yang baik, sebab diperlukan untuk memindahkan bola dari titik satu ke titik lainnya. Pemain harus mampu mengukur lambat kuatnya passing yang akan dilakukan kepada pemain lain agar tidak mudah untuk diambil lawan. Supaya dalam mengoper bola tidak ada lagi yang kurang tepat dalam mengoper bola ke teman satu tim. Dengan ketepatan passing yang baik dari setiap pemain, maka terciptalah alur bola yang lancar dalam melakukan umpan ke teman satu tim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan el rondo dengan pendekatan game situasi dalam upaya meningkatkan keterampilan passing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMP Negri 2 Cisompet Kabupaten Garut Kecamatan Cisompet dengan populasi sebanyak 22 siswa. Instrumen tes yang digunakan adalah tes keterampilan teknik dasar passing dalam permainan sepakbola. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 28. Hasil pretest dan posttest tersebut memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 27.86 dan posttest 33.73. Diketahui bahwa nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dari hasil latihan el rondo dengan pendekatan game situasi pada data pretest dan posttest.

Kata Kunci


Latihan, El Rondo, Game Situasi, Keterampilan Passing, Speak bola

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusta, A., & Agus, A. (2020). Pengaruh Metode Latihan EL Rondo Terhadap Keterampilan Short Passing Pemain Sepakbola IPPKM. Jurnal Stamina, 31-39.

Arnando, A. S. (2019). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Ketepatan Passing Pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Bima Bukit TInggi. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 40-44.

Fanshuri, I. A. (2013). Pengembangan Buku Pola Latihan Game Situasi Pada Keggiatan Ekstrakurikuler Permainan Futsal DI SMP PGRI 6 Malang. Malang: UM Press.

Gandasari, M. F. (2017). The Enhancement Of Featured Sportsprocedures And Evaluationquality In Landak Regency. Jurnal Pedagogik Olaharaga, 74-88.

Langga, Z. A., & Supriyadi. (2016). Pengaruh Model Latihan Menggunakan Metode Praktik Distribusi Terhadap Keterampilan Dribble Anggota Ekstrakurikuler Bolabasket SMPN 18 Malang. Junal Kepelatihan Olahraga, 90-104.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam olahraga. Surbaya: Unesa University Press.

Nando, M. A. (2018). Pengaruh Latihan Ledder Drill (Agility) terhadap Kemampuan Footwork Bulutangkis Mahasiswa Unit Kegiatan Olahraga Universitas Negeri Padang. Jurnal Performa Olahraga, 109-119.

Permadi, A. A., & Fernando, R. (2021). Hubungan Keteramapilan, Kondisi Fisik dan Psikologi terhadap Performance Pemain Sepakbola. Indonesia Permormance Jurnal, 14-19.

Rustanto, H. (2017). Upaya Meningkatan Keterampilan Passing Sepakbola Dengan Kaki Bagian Dalam Menggunakan Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Olahraga, 21-32.

Sanusi, Y. A., Permadi, A. A., & Sonjaya, A. R. (2022). Hubungan Kecepatan Lari terhadap Keterampilan Shooting pada Pemain Sekolah Sepak Bola Hafizh. Jurnal Sport Science, 17-25.

Sidik, N. M., Kurniawan, F., & Effendi, R. (2021). Pengaruh Latihan Sepakbola Empat Gawang Terhadap Kemampuan Passing Stopping Sepakbola Ekstrakurikuler di SMP Islam Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 60-67.

Buku:

Hamdi, A. S., & Bahruddin , E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.6825

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref