ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PERMAINAN FUTSAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SPORT EDUCATION DI SMA KARTIKA

M. Friski Setiawan, Yudy Hendrayana, Amung Ma'mun, Syarifatunnisa Syarifatunnisa

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa pada pembelajaran permainan futsal dengan menggunakan model Sport Education. Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 10 dan kelas 11 diSMA Kartika. Terdapat 144 responden diantaranya adalah 42% atau 61 siswa laki-laki dan 57% atau 83 siswa perempuan. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Dan kuesioner yang di gunakan yaitu kepercayaan diri 11% atau 17 siswa tidak setuju/kurang kepercayaan dirinya ketika  pembelajaran futsal menggunakan model Sport Education, lalu sebanyak 61% atau 89 siswa setuju / baik kepercayaan dirinya ketika pembelajaran futsal menggunakan model sport education, dan ada sebanyak 26% atau 38 siswa yang sangat setuju/ sangat baik kepercayaan dirinya ketika pembelajaran futsal dengan menggunakan model sport education. Kesimpulannya bahwa dari hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri tiap individu pada siswa SMA Kartika relatih baik dalam pembelajaran permainan futsal menggunakan model Sport Education.

Kata Kunci


Kepercayaan diri, futsal, sport education

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://scholar.google.com/scholar?cites=4695785154429841909&as_sdt=2005&sciodt=0,5&hl=en

Dalton, W., & Rachman, H. A. (2014). Modifikasi Model Pembelajaran Sport Education Berbasis Kejuaraan Untuk Guru Penjas Smp. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 106–118. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2607

Hartono, R., Suherman, A., & Rusdiana, A. (2014). Pengaruh Model Sport Education Terhadap Motivasi Dan Intensitas Belajar Gerak Siswa Pada Penjasorkes. Edusentris, 1(3), 213. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i3.146

Isti Pujihastuti Abstract. (2010). 2(1), 43–56.

Penjakora, J., & Rahman, I. (2021). Barat Yang Mengikuti Pertandingan Futsal. 8(September), 91–97.

Purwanto, S., Susanto, E., & Pahalawidi, C. (2014). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Sport Education Dalam Perkuliahan Di Jurusan Pendidikan Olahraga Uny. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 48–60. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2176

Sampel, P. D. A. N. (2015). Populasi dan sampel.

Sport Psychology. (n.d.).




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.7552

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref