PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI BUDIHARJA
Abstrak
Kebugaran jasmani adalah salah satu bagian penting dalam membentuk fisik dan kesehatan siswa. Peningkatkan kebugaran jasmani bisa di bantu dengan beberapa permainan salah satunya permainan tradisional. Dengan pemberian permainan tradisonal antara lain Galah Asin, Ucing Baledog, Lompat Tali dan Oray-Orayan bisa menaikan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Tujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisonal terhadap kebugaran jasmani siswa kelas V. Penelitian ini penelitian ini akan menggunakan metode ekperimen dengan menggunakan design penelitian One-Group Pretest-Postest dengan Populasi penelitian berjumlah 30 SIswa Kelas V dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel jenuh diantaranya siswa 14 Laki-laki dan 16 Perempuan. Adapun instrumen penelitian yang penulis gunakan adalah tes TKJI. Dengan hasil penelitian besaran pengaruh antara pre tes dengan pos tes ialah 0,593, x 100% = 59.3%. Hal ini menunjukkan bahwa setiap partisipan mampu menunjukkan peningkatan sebesar 59,3% dari hasil pre tes ke pos tes. Dengan artian bahwa permainan tradisional mampu meningkatkan kebugaran jasmani setiap partisipan sebesar 59,3%. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional memiliki pengaruh tehadap kebugaran jasmani siswa kelas V. Sehingga penggunaan permainan tradisional cocok untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Budiharja.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aldiansyah, R. (2020). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 51 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(1), 73–81.
Arifin, L. T., & Haris, I. N. (2018). Pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani siswa kelas viii smpn 1 ciasem kabupaten subang (studi eksperimen pada siswa kelas viii smpn 1 ciasem). Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01).
Curran, T., & Standage, M. (2017). Psychological needs and the quality of student engagement in physical education: Teachers as key facilitators. Journal of Teaching in Physical Education, 36(3), 262–276. https://doi.org/10.1123/jtpe.2017-0065
Koc, Y. (2017). The Effect of “Physical Education and Sport Culture†Course on the Attitudes of Preservice Classroom Teachers towards Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 6(4), 200. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n4p200
Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 18. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1996
Laksono, A. T., & Mandalawati, T. K. (2022). Permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani pada siswa SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Journal Power Of Sports, 5(2), 70–83.
Ridwansyah Muhammad, Tri Irianto, E. W. D. (2022). ANALISISKEBUGARANJASMANIDARI ASPEK DURASI OLAHRAGAPADAPESERTA DIDIKSMPNEGERI1 TAMBAN KABUPATENBARITO KUALA. JOURNAL ISSN. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/mpj.v3i2.1534
Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.
Syarif Hidayat. (2019). Kesegaran Jasmani Siswa 10-12 Tahun Se-Kota Gorontalo. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(1), 12–21.
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.7612
Refbacks
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY