Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas IV SDN Kapasan V Surabaya Tahun Pelajaran 2022-2023 Dalam Memahami Konsep Permainan Bola Voli Dengan Pendekatan Keterampilan Proses

Ekky Septiano Haikal, Bambang Ferianto Tjahyo Kuncoro

Abstrak


Satu di antara metode-metode pembelajaran yang dipandang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran ialah pendekatan keterampilan proses. Untuk itu, dalam penelitian ini diterapkan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana penguasaan siswa kelas IV SDN Kapasan V Surabaya dalam dalam Bidang Konsep Bola Voli yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses. Serta, penelitian ini memiliki tujuan agar dapat menggambarkan peningkatan pengetahuan siswa kelas IV SDN Kapasan V Surabaya sebagai populasi sekaligus sampel penelitian dalam penguasaan mereka terhadap konsep pendidikan jasmani yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data tatap muka melalui tes berupa tugas dengan 20 soal yang harus dibaca oleh siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa pengetahuan siswa kelas IV dalam memahami konsep permainan bola tergolong baik, karena setelah dilakukan tes sebanyak 3 pertemuan, didapatkan nilai rata-rata sebesar 69,6.


Kata Kunci


pendidikan jasmani; bola voli; pendekatan keterampilan proses

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Angkasa.

Arikunto, S. (1984). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.

Darsana, I. W., Kristiantari, M., Abadi, I. G. S., & Wiarta, I. W. (2019). Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Pengembangan Kemampuan Jasmani Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21265

Depdikbud. (1983). Buku Pedoman Penulisan Soal Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional Tahun Ajaran 1983/1984. Dirjen Dikdasmen bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan.

Hadi, S. (1984). Metodologi Research I,II,III. AndiOfset.

Harjono, A. T., & Pardijono. (2015). PENERAPAN PERMAINAN BOLAVOLI DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS GERAK SISWA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Margorejo V/407). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 631–634.

Nugraha, T. (2013). Penerapan pendekatan ilmiah pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan dampaknya pada siswa SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Pegagogik Olahraga, 53(9), 1689–1699.

Purwanto, S., & Susanto, E. (2018). Nilai-nilai Karakter Dalam Pendidikan Jasmani. In UNY Press.

Siedentop, D., Herkowitz, J., & Rink, J. (1984). Elementary Physical Education Methods. Prentice Hall. Inc, Englewood Cliffs.

Sudijono, A. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.

Surakhmad, W. (1980). Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar- dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Tarsito.

Warda, Syamsu, & Tureni, D. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 83. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10142

Yuniawan, A. E., Setyawati, H., & Yuwono, C. (2012). Modifikasi Pembelajaran Bola Voli Melalui Permainan Bola Voli Mini Berlapis. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1.

Yusmawiari, C., Suarni, N. K., & Magta, M. (2017). Pengaruh Metode Bermain Aktif terhadap Kemampuan Gerak Lokomotor Anak Kelompok A PAUD Pelita Kasih Singaraja. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 199–209.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.7699

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref