Integrasi Model Pembelajaran PjBL Dengan Inklusi Untuk Hasil Belajar Lompat Jauh Siswa Kelas X
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X MIPA 4 pada SMA Negeri 3 Palangka Raya dengan menggunakan integrasi metode pembelajaran project based learning dengan inklusi. Metode yang digunakan adalah metode Action Research Classroom atau penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart yang tediri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitan siswa kelas kelas X MIPA 4, berjumlah 36 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Instrumen penelitian menggunakan blanko pengamat tugas gerak dengan indikator sebagai berikut: 1) mengambil ancang-ancang/awalan lari, 2) tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertolak, 3) kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap maksimal sampai mencapai papan tumpu/bertolak, 4) pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang. Kemudian pada tahap tolakan yaitu: 1) ayunkan paha kaki-bebas cepat ke posisi horizontal dan dipertahankan, 2) menumpu dengan kaki terkuat, 3) luruskan sendi mata kaki, lutut dan pinggang pada waktu melakukan tolakan, 4) bertolaklah ke depan dan ke atas (sudut tolakan 45°). Selanjutnya pada tahap melayang adalah sebagai berikut: 1) badan terangkat melayang diudara, 2) ayunan kedua lengan ke depan, 3) badan sedikit membungkuk, 4) kedua kaki sedikit ditekuk sehingga posisi badan berada dalam sikap jongkok. Selanjutnya instrumen penilaian pada tahap terakhir yaitu: 1) Tarik lengan dan tubuh ke depan-bawah, 2) tarik kaki mendekati badan, 3) luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh tanah, 4) jika kedua kaki telah mendarat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki. Berdasarkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan melalui dua siklus. Berdasarkan analisis data pada siklus I yaitu sebesar 36,89% sebanyak 12 siswa yang tuntas kemudian pada siklus II yang tuntas 80,56% sebanyak 29 siswa dan 19,44% sebanyak 7 siswa belum tuntas. Dengan demikian penelitian tindakan pembelajaran dianggap tuntas karena sudah terdapat lebih dari 80% siswa mendapatkan ketuntasan belajar dengan KKM hasil belajar 76.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adhie, Octavianus Cahyanto. 2020. “The Effectiveness of Problem-Based Learning Approach in the Teaching of Hang Style Long Jump.†Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 13(2):24–30. doi: 10.33557/jedukasi.v13i2.1152.
Avella, John T., Mansureh Kebritchi, Sandra G. Nunn, dan Therese Kanai. 2016. “Learning Analytics in Distance Education : A Systematic Literature Review.†Online Learning 20(2):13–29.
Bangun, Sabaruddin Yunis. 2016. “Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia.†Publikasi Pendidikan 6(3):156–67. doi: 10.26858/publikan.v6i3.2270.
Chatoupis, Constantine C. 2018. “Physical Education Teachers’ Use of Mosston and Ashworth’s Teaching Styles: A Literature Review.†The Physical Educator 75(5):880–900. doi: 1https://doi.org/10.18666/TPE-2018-V75-I5-8292.
Ferawati, Ferawati, dan Mashud Mashud. 2022. “Gaya Mengajar Inklusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Spesifik Servis Bawah Bolo Voly Siswa Kelas VII.†Jurnal Patriot 4(4):273–86. doi: 10.24036/patriot.v%vi%i.870.
Fidalgo-Blanco, Ãngel, MarÃa Luisa Sein-Echaluce, dan Francisco J. GarcÃa-Peñalvo. 2015. “Methodological Approach and Technological Framework to Break the Current Limitations of MOOC Model.†Journal of Universal Computer Science 21(5):712–34. doi: 10366/127283.
Hasibuan, Molani Paulina, Ratih Permana Sari, dan Setiawaty Setiawaty. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Pembentukan Habits of Mind Siswa.†Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 3(2):119–29. doi: 10.24815/jipi.v3i2.14415.
Hawa, Siti. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di Kelas IX-E MTS Negeri Kota KUpang.†Jurnal Ilmu Pendidikan 7(1):8–16. doi: https://doi.org/10.59098/jipend.v7i1.687.
Jeong, Hyun Chul, dan Wi Young So. 2020. “Difficulties of Online Physical Education Classes in Middle and High School and an Efficient Operation Plan to Address Them.†International Journal of Environmental Research and Public Health 17(19):1–13. doi: 10.3390/ijerph17197279.
Kristiyanti, Emilia. 2019. “Model Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas Intelektual: Studi Kasus di DKI Jakarta.†Indonesian Journal of Religion and Society 1(1):67–79. doi: 10.36256/ijrs.v1i1.26.
Kuncahyono, Beti Istanti Suwandayani, dan Abdurrohman Muzakki. 2020. “Aplikasi E-Test ‘That Quiz’ sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Indonesia Bangkok.†LECTURA : Jurnal Pendidikan 11(2):153–66. doi: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4687.
Kusumawati, Erna. 2023. “Efektivitas Kerja Guru.†JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(3):1487–92. doi: 10.54371/jiip.v6i3.1578.
Lestari, Gusrinda. 2017. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Permainan Bola Basket Melalui Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas VII Yayasan Darul Ilmi Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2017/2018.†Univeristas Negeri Medan.
Love, Betty, Angie Hodge, Neal Grandgenett, dan Andrew W. Swift. 2014. “Student learning and perceptions in a flipped linear algebra course.†International Journal of Mathematical Education in Science and Technology 45(3):317–24. doi: 10.1080/0020739X.2013.822582.
Muslimin, dan Henri Putra Ramadhan. 2017. “Cooperative Learning Jigsaw and Student Achievement Division Teams Results of Hang Style Long Jump.†International Journal of Physical Education, Sports and Health 4(3):191–96.
Nurlindah, Muh. Khalifah Mustami, dan Musdalifah. 2020. “Manajemen Pendidikan dan Tenanag Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.†Jurnal Idaarah 4(1):40–51. doi: DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13893.
Republik Indonesia. 2022. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Jakarta: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/203148/uu-no-11-tahun-2022.
Rohman, Ujang, dan Suto Wibowo. 2019. “Upaya Memperbaiki Hasil Belajar Servis Forehand Tinggi Dalam Pembelajaran Bulu Tangkis Dengan Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 22 Surabaya Tahun Pelajaran 2018-2019.†Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 17(2):111–17. doi: 10.20527/multilateral.v17i2.5717.
Santoso, R. Eko, Diana Setiyani, dan Pardiman. 2021. “Studi Literatur Latihan Circuit Training Terhadap Kecepatan Lari Sprint 100 Meter Pada Cabang Olahraga Atletik.†Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 10(2):63–68. doi: https://doi.org/10.54438/tulip.v10i2.231.
Saputro, Okta Aji, dan Theresia Sri Rayahub. 2020. “Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.†Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(1):185–93. doi: DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.
Sugiono, Waskito Aji Suryo Putro, Wahyu Retni Widya Ningsih, dan Tania A Manggaprow. 2022. “Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Menggunakan Tumpuan Satu Kaki Bergantian Dengan Dua Kaki Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universiats Pendidikan Munamamdiyah Sorong.†UNIMUDA SPORT JURNAL 3(2):45–55.
Utami, Ajeng. 2023. “Integrasi Kepentingan Pemerintah Daerah Dan Masyarakat Dalam Pengembangan Taman Wisata Way Rarem.†UIN Raden Intan Lampung.
Buku:
Mashud. 2023. Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning Kelas PTK dan PTO. Pertama. diedit oleh S. Mustafa dan T. Juni Samodra. Sidoarjo.
Wiradihardja, Sudrajat, dan Syarifudin. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Revisi 201. diedit oleh A. Mahendra, T. Hidayah, T. Subroto, dan Suronto. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.7705
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY