Upaya meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif (lempar tangkap) melalui model problem base learning

Muhammad Nudin Syaputra, Ma'ruful Kahri, Syamsul Arifin, Mashud -

Abstrak


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan gerak dasar manipulatif (lempar dan tangkap) pada Siswa/I kelas III di SD Negeri 022 Pasir Belengkong dengan menggunakan model pembelajaran problem base learning (PBL). Sebanyak 22 orang Siswa/I yang terdiri dari 9 laki-laki dan 13 perempuan melalui dua siklus pembelajaran gerak dasar manipulatif. instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang berindikator pada tugas gerak manipulatif (lempar tangkap). Rancangan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart dimana dalam tahapannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang telah diperoleh dalam siklus pertama menunjukkan peningkatan 23% pada kemampuan  melempar dan 27% untuk menangkap dengan ketuntasan 64% dan 68%. Pada siklus kedua diperoleh kembali peningkatan kemampuan melempar sebesar 22% dan menangkap sebesar 23%. Sehingga dalam siklus kedua ini diperoleh ketuntasan 86% untuk kemampuan melempar dan 91% menangkap. Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan problem base learning (PBL) dapat diterapkan secara efektif dalam kegiatan pembelajaran gerak manipulatif pada pendidikan jasmani.


Kata Kunci


Gerak manipulatif, problem base learning, lempar tangkap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asriati, N., Herkulana, Budiman, J., Fitria, S., Ernawati, S., & Kurniawan, S. (2022). workshop penyusunan proposal penelitian tindakan kelas workshop ini dilaksanakan agar memberikan pemahaman aplikatif kepada guru selaku subjek penting dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan berkelanjutan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas . met. 5(april), 42–53. https://doi.org/: https://doi.org/10.31932/jpmk.v5i1.1539

Hakim, A. R., Suherman, A., Lengkana, A. S., & Maryati, S. (2023). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani The Effect of Problem Based Learning ( PBL ) and Cognitive Ability on Learning Outcomes of Sprint Running in Students of SMP Negeri 8 Tasikmalaya. KInestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(1), 1–11. https://doi.org/DOI : 10.33369/jk.v7i1.25890

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Higgs, C., Way, R., Harber, V., Jurbala, P., & Balyi, I. (2021). Long-Term Development. In Becoming a Better Sports Coach. https://doi.org/10.4324/9781003195153-8

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Irwandi, B., Nuryadi, & Gumilar, A. (2023). Keterampilan Gerak Manipulatif Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gender Pasca Pandemi Covid-19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 6(2), 145–153. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i2.6031

Jeong, H. C., & So, W. Y. (2020). Difficulties of online physical education classes in middle and high school and an efficient operation plan to address them. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17197279

Mashud. (2023). Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning (P. S. Mustafa & T. Y. Samodra (eds.); 1st ed.). Zifatama Jawara.

Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194

Muhsam, J., & Letasado, M. R. (2020). Penerpan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Materi Gaya Bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 3(2), 53–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2111

Permendikbud No 37. (2018). Permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. jdih kemendikbud, 2025, 1–527.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Priyadi, B. (2021). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli. Physical Activity Journal, 3(1), 41. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4774

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416

Rahmayanti Dewi, Resti Gustiawati, & Rolly Afrinaldi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327

Saputri, M. A. (2020). Research & Learning in Primary Education Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar in Primary. 2. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602

Sitompul, S. R., & Sholihamia, A. (2020). Modifikasi Gerak Dasar Melalui Terapan Pole Circuit Games Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 262. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i2.1222

Sugihartono, T. (2019). Model Problem Based Learning Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Pada Pembelajaran Penjasorkes. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(1). https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8274

UU No. 20 Tahun 2003. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 92–104. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13976

Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700–1708. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.7708

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref