PENGEMBANGAN BUKU AJAR PJOK SMP KELAS IX SEMESTER GENAP DI SMPN 02 PULAU PUNJUNG

Zuhar Ricky, Maldin Ahmad Burhan, Harry Wardana

Abstrak


Penilitian ini di latarbelakangi dengan hasil yang didapatkan sebesar 47,5% bisa di Tarik kesimpulan bahwa pengembangan buku ajar ini di butuhkan karena hasil analisi kebutuhan nya yang rendah,dalam buku ajar PJOK kelas IX semester genap masih banyak siswa yang susah memahami meteri dan kurang lengkap nya buku ajar PJOK kelas IX semester genap, jika hal ini tidak di atasi maka prestasi dan minat belajar dari siswa tersebut tidak akan maksimal. Masalah lain yang dihadapi adalah kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran PJOK.

Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research and deveploment (R&D). Model pengembangan buku Ajar PJOK SMP kelas IX semester genap di SMPN 02 Pulau Punjung yaitu model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Deveploment, Implementation, dan Evaluation). Kelima tahap tersebut dilakukan melalui analisis kebutuhan. Kemudian validasi pengembangan pengembangan buku Ajar PJOK SMP kelas IX semester genap di SMPN 02 Pulau Punjung ini, di validator oleh guru Pjok dan guru bahasa indonesia.

Hasil pengembangkan Buku Ajar PJOK SMP kelas IX semester genap Di Smpn 02 Pulau Punjung Baru dinyatakan sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator diperoleh dengan rata- rata 93,3% dengan kategori sangat valid, hasil praktikalitas dengan rata-rata 80%  dikategorikan sangat praktis, hasil yang diperoleh dari efektivitas diperoleh dengan rata- rata 80% dengan kategori sangat valid dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dibuat ini sudah sangat valid, praktis, untuk digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran..


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


andi Rustand. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di Smpn 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 2.

Ashfahany, F. A. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan, 2.

Bramantha, H. (2017). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 2.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), 2(2), 204–210. Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V2i2.17315

Estiningtyas, N. N. (2015). Analisis Kesesuaian Buku Ajar Tema Indahnya Kebersamaan Kelas Iv Sd Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 1, 185–190.

Hanif, M. (2014). Tinjauan Filosofis Kurikulum 2013. Issn 1410-0053, 19.

Nurcholis, E. S. (2017). Implementasi Buku Ajar Pjok Kelas Ix Pada Smp Piloting Kabupaten Kendal. Journal Of Physical Education And Sports, 2.

Surahman, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Journal Sport Area, 5(2).

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2). Https://Doi.Org/10.31504/Komunika.V7i2.1486

Yuliawan, D. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan JasmanI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. JURNAL SPORTIF ISSN, 2.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.7819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref