Meningkatkan keterampilan lay up shoot permainan bola basket menggunakan metode pembelajaran simulasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Bengkulu

Oddie Barnanda Rizky, Arwin Arwin, Andika Prabowo, Andes Permadi, Septian Raibowo

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan lay up shoot permainan bola basket menggunakan metode pembelajaran simulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 35 orang siswa, terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penilaian tes praktik keterampilan lay up shoot bola basket, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pada penelitian ini, yaitu penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan keterampilan teknik lay up shoot siswa dalam permainan bola basket. Mulai dari hasil pra siklus yang dilaksanakan hingga tes siklus 2 menunjukkan peningkatan, dimana pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan sebesar 57,14 %. Pada siklus 1 meningkat menjadi 74,28% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,86% dengan artian secara keseluruhan nilai siswa sudah mencapai KKM mata pelajaran penjaskes di SMP N 9 Kota Bengkulu. Metode pembelajaran simulasi dapat memperbaiki proses pembelajaran, metode pembelajaran ini memotivasi kemauan siswa akan keberhasilan dalam belajar menjadi meningkat, dengan diberikan proses simulasi pertandingan basket siswa termotivasi untuk mengejar kemenangan dalam pertandingan. Adapun dengan adanya simulasi pertandingan, siswa menjadi termotivasi untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar, yakni lay up shoot. Karena dengan menguasai teknik-teknik dalam permainan bola basket tersebut, akan menjadi kunci memenangkan pertandingan.


Kata Kunci


Bola Basket, Keterampilan Lay Up Shoot, Metode Pembelajaran Simulasi, Peningkatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arwin (2000). Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah. Tesis. Semarang.

Aramiko Win Armeadi (2013). Meningkatkan Keterampilan Gerakan Lay Up Shoot Pada Permainan Bola Basket Melalui Metode Tutorial Teman Sebaya Siswa Kelas VIII 1 Smp Negeri 3 Kota Bengkulu.Skripsi. Bengkulu.

Arikunto, Suharismi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

A. Sarumpaet, dkk. 1992. Permainan Besar. Jakarta: Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependudukan.

Hafid & Rithaudin, (2011). Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sarana Pecana karya Nusa. Jakarta.

Hasibuan & Moedjiono, (2008). Proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Husdarta, JS. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Kemmis, Stephen. Robin Mc. Taggart. The Action Planner. Victoria: Deakin University, 1990.

Koshy, Valsa. Action Research for Improving Practice A Practical Guide. London: Paul Chapman Publishing, 2005.

Kurniasih, I. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta. Aswaja Presindo.

Madya, Suwarsih. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: CV. Alfabeta, 2011.

Masyhuri. Zainuddin. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT. Refika Aditama, 2008.

Mertler, Craig A. Penelitian Tindakan Kelas (Meningkatkan Sekolah dan Memberdayakan Pendidik). Jakarta: PT. Indeks, 2014.

Sarjono Sumarjdo, (2010), Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan, Aneka Ilmu. Jakarta.

Somadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sutrisno dan Khafadi, 2010. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan 2. Untuk SMP/MTs. CV Putra Nugraha. Jakarta.

Sumpeno & Santoso. (2010). Pendidikan jasmani kesehatan olahraga. Untuk SMA/MA. Kelas XII. CV Teguh Karya. Jakarta.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep Landasan Teoritis - Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wahyuni, Sutarmin & Pramono. 2010. Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga. PT Wangsa Jastra Lestari.Jakarta.

Winarni, Endang W. 2011. Penelitian Tindakan. Bengkulu : Unit Penerbitan FKIP UNIB.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref