Analisis Kebutuhan Instrumen Aktivitas Fisik pada Disabilitas

Erick Burhaein, Muhammad Saleh

Abstrak


Aktivitas fisik pada disabilitas merupakan salah satu sasaran yang harus dioptimalkan oleh guru pendidikan jasmani adaktif (PJA), sehingga diperlukan instrumen sebagai sarana pengukuran secara berkala. Merujuk pada urgensi tersebut maka tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan PJA terhadap instrumen kativitas fisik disabilitas; 2) Menganalisis ketersediaan instrumen aktivitas fisik disabilitas. Pendekatan penelitian menggunakan studi kualitatif. Partisipan yang dilibatkan sebanyak 20 guru PJA. Instrumen penelitian menggunkan lembar wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi yang telah divalidasi oleh ahli. Analisis data terhadap temuan yaitu menggunkan pendekatan kualitatif dengan mereduksi data yang telah dikumpulkan sehingga menjadi simpulan. Hasil penelitian ini 1) menunjukkan bahwa perlunya (dibutuhkan) instrumen bagi guru PJA untuk mengukur aktivitas fisik pada siswa disabilitas yang valid dan reliabel; 2) belum tersedianya instrumen aktivitas fisik disabilitas bagi guru PJA. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatih membutuhkan akan ketersediaan instrumen aktivitas fisik pada disabilitas. Kontribusi untuk penelitian selanjutnya adalah membuat prototype instrumen aktivitas fisik pada disabilitas serta menguji tingkat validitas dan reliabilitasnya.

Kata Kunci


Instrumen, aktivitas fisik, disabilitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Prasetyo, H. J. (2022). Peningkatan Pemahaman Tentang Aktivitas Fisik untuk Anak Cerebral Palsy pada Guru Kelas dan Orang Tua. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, v(1), 43–48.

Fan, S., & Lê, Q. (2011). Developing a Valid and Reliable Instrument to Evaluate Users’ Perception of Web-Based Learning in an Australian University Context. Journal of Online Learning and Teaching, 7(3), 366–379. http://ecite.utas.edu.au/72735

Jauhari, M. N., Sambira, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Adaptif di Sekolah Liar Biasa. Journal STAND: Sports and Development, 1(1), 63–70. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/stand/about/submissions

Kimberlin, C. L., & Winterstein, A. G. (2008). Validity and reliability of measurement instruments used in research. American Journal of Health-System Pharmacy, 65(23), 2276–2284. https://doi.org/10.2146/ajhp070364

Saleh, M. (2020). Latihan dan aktivitas fisik untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Journal Power Of Sports, 2(1), 12–22.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.496

Undang-undang, R. (2016). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

WHO. (2022). Physical activity. October, 1–9.

Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan Jasmani & Olahraga. Prosiding Seminar Peran Pendidikan Jasmani Dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan, 9–29.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref