Evaluasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Krisna Maulana Sudrajat, Tatang Muhtar, Dewi Susilawati

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kurikulum merdeka tahun 2022 pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 26 Bandung. Penelitian ini mengkaji bagaimana program, penerapan dan dampak kurikulum merdeka pada mata peleajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga dapat mendeskripsikan objek penelitian tanpa mempengaruhi keadaan dan secara apa adanya. Hasil dari penelitian ini terdapat kendala yang dihadapi oleh sekolah baik dari komponen guru, sarana prasarana, sumberdaya pendukung dan siswa tentunya. Namun hal tersebut dapat di antisipasi dengan solusi seperti mengikuti pelatihan, penyamaan paradigm dan konsisten. Pada pelaksanan kurikulum merdeka dalam pelajaran PJOK tidak terlalu banyak perubahan dari kurikulum sebelumnya. Aktivitas siswa merupakan hal yang utama atau pembelajaran terpusat pada siswa (student center). Keberlanjutan pelaksanaan kurikulum merdeka harus disesuaikan dengan kesanggupan dan  konsistensi dalam pelaksanaannya. Berbagai hambatan tentu ada dan evaluasi bisa dijadikan solusi dalam penerapan kurikulum merdeka. Seperti yang kita ketahui bahwa kurikulum merdeka merupakan penyempurna kurikulum-kurikulum sebelumnya. Namun yang membedakannya dari kurikulum merdeka ini terdapat projek yang berbeda di setiap mata pelajaran sehingga membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan berpariatif

Kata Kunci


Kurikulum Merdeka, Evaluasi, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afida, I. , D. E. , & A. P. D. M. ., Diana, E., & Agus Puspita, D. M. (2021). Merdeka Belajar dan Pendidikan Kritis Paulo Friere dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 45–61. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.553

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Aransyah, A., Herpratiwi, H., Adha, M. M., Nurwahidin, M., & Yuliati, D. (2023). Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran. Https://Doi.Org/10.33394/Jtp.V8i1.6424, 8(1).

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in COVID-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491.

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi sebagai solusi alternatif pendidikan di Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra, 13(2), 41–53.

Djuhartono, T., Ariwibowo, P., & Anggresta, V. (2022). Jurnal Mirai Management Determinasi Tingkat Pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia ( LPM ) Di Karangasem - Kabupaten Bogor. Jurnal Mirai Management, 7(3), 1–14.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Hamdan, K. M., Al-Bashaireh, A. M., Al-Daghestani, A., Al-Habashneh, S., & Shaheen, A. M. (2021). University students’ interaction, Internet self-efficacy, self-regulation and satisfaction with online education during pandemic crises of COVID-19 (SARS-CoV-2). . International Journal of Educational Management, 35(3), 713–725.

Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/attalim.v8i2.819

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar†di era society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78.

Megandarisari, M. (2021). Adaptasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di masa pandemi COVID-19. . Inovasi Kurikulum, 18(1), 1–9.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462.

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus pandemic on education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121.

Sriningsih. (2017). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 2 Nomor 2. SePTEMBER 2017. 2(SePTEMBER), 43–52.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i1.12012

Tono Supriatna Nugraha. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK

Ummi Inayati. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran abad-21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE

Yanti, A., & Fernandes, R. (2021). Adaptasi guru terhadap pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 (studi kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 4(3), 459–471.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref