ALTERNATIF PENILAIAN KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR PADA PERMAINAN GOBAK SODOR : EFEKTIVITAS PENILAIAN SEJAWAT DI SMP NEGERI 2 PAKISAJI

Muhammad Rafi'udin Naufal, Gema Fitriady, Zihan Novita Sari

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penilaian sejawat pada keterampilan gerak lokomotor peserta didik pada permainan gobak sodor siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian non-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Prosedur penelitian ini diantaranya: 1) pembuatan instrumen; 2) pemilihan sampel, sampel penelitian ini adalah dua kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakisaji dengan jumlah 61 siswa, dipilih menggunakan teknik purposive sampling; 3) pembuatan video petunjuk pelaksanaan; 4) pemberian arahan dan pelatihan pelaksanaan penilaian sejawat (treatment); 5) penilaian; 6) pengumpulan data; 7) menganalisis data, setelah memperoleh data teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, uji korelasi penilaian sejawat dengan rata-rata penilaian sejawat menggunakan korelasi pearson menunjukkan nilai r(2-tailed) 0,92-0,94. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan tingkat konsistensi yang sangat kuat terhadap penilaian sejawat dengan sejawat pada permainan gobak sodor. Penggunaan instrumen penilaian sejawat pada keterampilan gerak lokomotor pada permainan tradisional gobak sodor dinyatakan efektif.


Kata Kunci


penilaian sejawat; keterampilan gerak lokomotor; permainan gobak sodor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrian, R., Suroto, S., Tuasikal, A. R. S., Dhani, S. S. S., & Setyorini, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Motorik Berbasis Movement Based Games Pada Siswa Sekolah Dasar. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(1), 64. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n1.p64-74

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Penilaian Teman Sejawat (Peer Assessment) untuk Mengukur Hasil Belajar Psikomotorik pada Perkuliahan. Prosiding Seminar Nasional, 109–113.

Apriliawati, andika tiyas, & Hartoto, S. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terhadap kemampuan motorik siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(2), 522–528.

Gede, D., & Arsana, P. (2016). Transformasi Budaya Dalam Permainan Tradisional Menuju Game Online. Media Komunikasi FPIPS, 15(2), 41–45.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Listyaningrum, D. (2018). Pengaruh Permainan tradisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 3(2), 108. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i2.3463

Lovric, F., Jelaska, I., Clark, C. C. T., Duncan, M., & Miletic, D. (2019). Validity and reliability of a bilateral assessment of locomotor skills in children. Acta Gymnica, 49(4), 181–188. https://doi.org/10.5507/ag.2019.018

Miftahul, M. I., Pereng, U., & Gresik, K. (2016). 20140528 Keterampilan Gerak Dasar Siswa Kelas Atas.

Setiawan, I., & Ma’mun, A. (2015). Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Boi. E-Jurnal Physical Education, Sport(Health and Recreation), 2094–2099.

Wicaksono, A. T. (2014). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations - PDF Download Gratis. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(1), 23–27.

Double, K. S., McGrane, J. A., & Hopfenbeck, T. N. (2020). The Impact of Peer Assessment on Academic Performance: A Meta-analysis of Control Group Studies. Educational Psychology Review, 32(2), 481–509. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09510-3

Faith, B., & Joe, A. I. (2021). Effect of Peer-Assessment in Oral English Achievement of Senior Secondary School Students in Bayelsa State: Moderating Effect of Learning Style. J Adv Educ Philos, 5(12), 2523–2223. https://doi.org/10.36348/jaep.2021.v05i12.007

Fajarwati, S., & Sceisarriya, V. M. (2020). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Siswa Kelas V MI Plus Darunnajah Kelutan Tahun. Sprinter : Jurnal Ilmu Olahraga, 1(2), 91–96.

Farizi, F., Kurniawan, F., Achmad, I. Z., & Izzuddin, D. A. (2021). Tingkat Pengetahuan Siswa Dalam Permainan Olahraga Tradisional Di Ekstrakurikuler Permainan Olahraga Tradisional Ma Nihayatul Amal Purwasari. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 1(1), 68–71. https://doi.org/10.35706/joker.v1i1.4466

Fattah, & A Kristiyandaru. (2021). Proses Penilaian Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Labang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9 (02), 2338–2798.

Fitriady, G., Nurrochmah, S., & Yudasmara, D. S. (2022). Proceedings of the International Conference on Sports Science and Health (ICSSH 2022). In Proceedings of the International Conference on Sports Science and Health (ICSSH 2022) (Vol. 1). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-072-5

Hadi, T., Fitriady, G., & Darmawan, A. (2022). Efektivitas Online Self and Peer Assessment pada Keterampilan Lay Up Bola Basket Mata Pelajaran PJOK di SMP Laboratorium UM Malang. Sport Science and Health, 4 (12), 1121–1128.

Hidayat, A. (2018). Meta Analisis: Pentingnya Self Dan Peer Assesment Dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 2(1), 95–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.30

Jundi, M., & Yasin, Z. (2020). Penilaian Sejawat dalam Pembelajaran Keterampilan Dasar Mengajar bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 51–70. https://doi.org/10.18196/mht.2217

Kuryanto, M. S., & Pratiwi, I. A. (2019). Hubungan Permainan Tradisional Betengan Terhadap Gerak Lokomotor Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.2954

Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D

Noviyanti, P., Arianto, F. S. D., & Vuspitasari, B. K. (2022). IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK DETEKSI DINI COVID VARIAN OMICRON MENGGUNAKAN ANALISIS KORELASI PEARSON (r). Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 5(2), 485. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i2.622

Oktarifaldi, O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lokomotor Siswa Usia 7 Sampai 10 Tahun. Jurnal MensSana, 4(2), 190. https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.117

Safithri, D. L., & Muchlis, M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Assessment for Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 547–555. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.547-555

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suriyadi, A. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri dan Sejawat Secara Online Pada Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Mata Pelajaran PJOK di SMP Laboratorium UM. 33(1), 1–12.

Syahrial, B. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. In Unp Press (Vol. 1).

Syakur, A., & Panuju, R. (2020). Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 128. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.439

Yusroni, M., Prastyana, B. R., & Utomo, G. M. (2022). Application of game modifications using media cones to increase locomotor movement learning outcomes for midu gedongan elementary school students gedongan waru sidoarjo. Journal of Basic Education Muassis, 1, 217–226.

Zaenal, Z., & Maryam. M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NON EXAMPLE EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 79 PAREPARE. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 1–7.

Zulfikar, M., Hasyim, A. H., Ikadarny, I., & Anwar, N. I. A. (2021). Penguasaan Keterampilan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sport Science, 11(1), 27. https://doi.org/10.17977/um057v11i1p27-34




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8674

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref