IKLIM PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Juhrodin Juhrodin

Abstrak


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh iklim pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa, untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa, untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh iklim pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik survey. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan mampu mengungkapkan fenomena yang dikaji secara sistematis untuk mendapatkan kebenaran dari permasalahan yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi PJKR Universitas Siliwangi sebanyak 284 orang dengan sampel sebanyak 74 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket yang  dianalisis dengan menggunakan program SPSS.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Ada hubungan yang signifikan antara iklim pembelajaran dengan hasil belajar mahasiswa artinya semakin tinggi iklim pembelajaran yang dikelola oleh pihak perguruan tinggi terkait kampus yang kondusif, penataan lapangan yang menunjang sebagai sentra belajar, penciptaan atmosfir belajar yang kondusif, penetapan strategi pembelajaran dan pemanfaatan media dan sumber belajar serta penilaian hasil belajar maka hasil belajar mahasiswa akan semakin meningkat. 2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa artinya semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa  baik interinsik maupun eksterinsik yang diberikan oleh perguruan tinggi maka hasil belajar mahasiswa  akan semakin meningkat. 3) Ada hubungan yang signifikan antara iklim pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Artinya bahwa semakin tinggi iklim pembelajaran yang dikelola oleh dosen dan motivasi belajar siswa yang semakin baik maka hasil belajar mahasiswa akan semakin meningkat.Dianjurkan kepada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi UNSIL Tasikmalaya untuk meningkatkan iklim pembelajaran, Motivasi belajar mahasiswa.

Kata Kunci :Hasil, Iklim, Motivasi,Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A.M. Sardiman. 2010.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Pers.

Ahmadi, Nuril. 2007.Panduan Olahraga BolaVoli. Solo: Era Pustaka Utama

Amirullah, R. Hari. 2003. Alat Evaluasi Keterampilan Bermain Bola Basket: Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan . Jakarta: Depdiknas.

AmungMa'mun, Yudha. M. Saputra. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar. Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikn dan Kebudayaan.

B. Suryosubroto, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Bahri Djamarah, Syiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka. Cipta.

BonnieRobinson. 1997. Bola Voly Bimbingan, Petunjuk dan Teknik Bermain. Semarang. Dahara Prize Semarang.

Brahma. 2008. Teknik Dasar Bolavoli.www.blogspot.com

Daryanto, M. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Dessler, Gary., 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Prenhallindo,. Jakarta

DieterBeuthelstahl. 2007. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Dimyati Mahmud.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Effendy, Onong. 2000. Ilmu Teori Komunikasi. Bandung : PT.Rosdakarya

Harjanto. 2005.Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Marta Dinata. 2008. Belajar Bola Voli. Jakarta : Pada Penerbit Cerdas Jaya. Penerbit Erlangga.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Bandung: Penerbit Erlangga.

Mulyasa, E. 2010.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nawawi Hadari.2000. Administrasi Personel Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja.Jakarta.Haji Intermedia




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v1i1.181

Refbacks



##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions