Pengaruh Modifikasi Part Practice Methode Terhadap Keteampilan Renang Gaya Bebas Dan Dada
Abstrak
Pembelajaran renang tidaklah mudah, sama halnya dengan yang dialami oleh. Dimana mereka masih banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar berenang. Permasalahan ini didasari dengan (1) masih banyak siswa yang belum menguasai teknik dasar renang gaya bebas dan dada (2) banyak siswa yang takut tenggelam ketika pembelajaran renang atau pembelajaran akuatik (3) banyak siswa yang kurang percaya diri ketika pembelajaran renang atau pembelajaran akuatik. penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh modifikasi par practice method terhadap keterampilan renang gaya bebas dan gaya dada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan salah satu jenis penelitian eksperimen yaitu pre-experimental design dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Untuk meningkatkan keterampilan renang gaya bebas dan dada diberikan program latihan sebanyak 12 pertemuan. populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA III SMA N 15 Garut yang berjumlah 36 siswa, kemudian sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10 orang siswa dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling Berdasarkan hasil uji t diketahui rata-rata pada keterampilan renang gaya bebas sebesar 7,00, sedangkan rata-rata pada keterampilan renang gaya dada sebesar 8,40. Berdasarkan hasil uji t-Test pada keterampilan renang gaya bebas diperoleh nilai t sebesar 8,30 > 0,699 dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) sedangkan pada keterampilan pada renang gaya dada diperoleh nilai t sebesar 13,20 > 0,699 dan nilai signifikasni kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05). Berdasarkan deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu bahwa adanya pengaruh yang signifikan program latihan modifikasi part practice terhadap keterampilan renang gaya bebas dan dada.
Kata Kunci: Part Practice Method, Renang Gaya Bebas Dan Dada
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga.
Arifin, Z. (2022). PENGARUH METODE BLOCKED PRACTICE DISERTAI VISUALISASI TERHADAP KETERAMPILAN GAYA DADA. 1(2), 29–34.
Diveti Arsa Rahmadini. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Part And Whole Terhadap Hasil Renang Gaya Bebas (Crawl) (Studi pada siswa kelas VII SMP AL-Falah Surabaya).
Galuh Tiara Krisna Putri. (2020). Penerapan Part and Whole Method Terhadap Penningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas Mahasiswa Melalui Komunitas Belajar.
Laksana, A. A. N. P. (2021). Kemampuan Gerak Dasar Renang Gaya Dada Pada Siswa Menengah Pertama. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 113–122. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.490
Mashud. (2018). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Renang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani. Seminar Nasional Olahraga, 0–7, 978-602-53601-0–7.
Prastowo, G., & Syam, A. R. (2014). Pengaruh Metode Pembelajran Part Practice Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Cerme). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 747–749.
Priana, A. (2019). Pengaruh Alat Bantu Latihan Pull Buoy Terhadap Prestasi Renang Gaya Dada. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), 9–14. https://doi.org/10.37058/sport.v3i1.745
Puji Rahmi Anandia. (2016). Pengaruh Latihan Menggunakan Metode Part-Whole Practice Terhadap Peningkatan Kterampilan Renang Gaya Bebas Pada Anggota Ekstrakurikuler Renang SMP Amal Bhakti Manislor Tahun 2016.
Putro Bijak Laksono. (2016). Perbandingan Metode Part Practice Dengan Metode Whole Practice Dalam Pembelajaran Shooting Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas Xi Ak 3 Dan Ak 2 Yp Smk Trisila Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 586–590.
Ryan Cooper Tauer. (2013). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(1), 12–26.
Septiana, A. R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Part Pratice Terhadap Hasil Belajar Lay Up Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Taman Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 877–882. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/21511/19720
Shava, I. (2017). Latihan Plyometricsdan Panjang Tungkai terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada Atlet Renang Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(3), 266–271.
Sugiyanto, F. X. (2015). Keefektifan Urutan Pembelajaran Keterampilan Gerak Renang. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 256–266. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4232
Sukmawati, D., & Hartoto, S. (2015). Penerapan Pemebelajaran Renang Gaya Bebas Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03(2), 366–370. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Refbacks
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY