Keefektifan Model Pembelajaran TGFU dalam Meningkatkan Performa Bermain Sepak Bola: Studi Kasus Mahasiswa Prodi Penjaskesrek Universitas Islam Riau

Ricky Fernando, Zulrafli Zulrafli, Rices Jatra, Sasmarianto Sasmarianto, Oki Candra, Asep Angga Permadi

Abstrak


Model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) merupakan salah satu model pembelajaran yang berfokus pada pengembangan pemahaman siswa tentang permainan. TGFU menekankan pada pembelajaran yang kontekstual dan berbasis masalah. Performa permainan sepak bola merupakan salah satu indikator keberhasilan pembelajaran sepak bola. Performa permainan sepak bola dapat diukur dengan menggunakan berbagai instrumen, salah satunya adalah Game Performance Assessment Instrument (GPAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran TGFU terhadap performa permainan sepak bola mahasiswa prodi penjaskesrek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 40 mahasiswa prodi penjaskesrek. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan GPAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TGFU terhadap performa permainan sepak bola mahasiswa prodi penjaskesrek. Pengaruh ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 3,276 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGFU berpengaruh positif terhadap performa permainan sepak bola mahasiswa prodi penjaskesrek.


Kata Kunci


Model pembelajaran TGFU, performa permainan sepak bola, dan mahasiswa prodi penjaskesrek.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arias-Estero, J. L., Jaquero, P., Martínez-López, A. N., & Morales-Belando, M. T. (2020). Effects of two TGFU lessons period on game performance, knowledge and psychosocial variables in elementary physical education. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10). https://doi.org/10.3390/ijerph17103378

Arief Darmawan, Zihan Novita Sari, Tatok Sugiarto, Sugiyanto, & Surya Adi Saputra. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TGFU UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SEPAK CUNGKIL DAN SEPAK SILA SEPAK TAKRAW. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 271–278. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1523

Rachman, H. A. (2008). Teaching Games For Understanding (TGfU): Memahami Pendekatan Taktik sebagai Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. In Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v5i2.459

Hayatunnufus, Q., Kusuma, L. S. W., & Sucipto, E. (2022). Metode Bermain di Lingkungan Pantai Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Discourse of Physical Education, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i1.606

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v3i1.6176

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. In Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani 1 JPJI (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477

Yudha, I. dewa M. K., Artanayasa, I. W., & Spyanawati, N. L. P. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Teacing Games For Understanding (TGFU) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepak Bola (Vol. 8, Issue 2). https://web.archive.org/web/20180414142943id_/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/viewFile/13096/8267

Permadi, A. A., Subarjah, H., Sidik, D. Z., & Nuryadi, N. (2021). The Influence of Psychological (Mental) Training to Improve the Performance of Football. JUARA : Jurnal Olahraga, 6(2), 162–170. https://doi.org/10.33222/juara.v6i2.1192

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Balakrishnan, M., Rengasamy, S., & Aman, M. S. (2011). Effect of Teaching Games for Understanding Approach on Students’ Cognitive Learning Outcome. World Academy of Science, Engineering and Technology, 77(1), 163–166. https://eprints.um.edu.my/12766/1/v77-31.pdf

Yuliani, W. (2018). Quanta Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.9420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref