PENGARUH EDUKASI, MANFAAT, REKOMENDASI PASAR MODAL SYARIAH TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA FEBI IAIN KUDUS

Shofiatul Adiba Oktavia, Risalatul Mu'ayanah, Kharis Fadlullah Hana

Abstract


ABSTRACT

The research was conducted aimed to examine the influence of education, benefits, and recommendations on student interest in investing in the Islamic capital market. The method used in this research is descriptive quantitative method by jumping directly into the field (field research). The population used in this study were students of the Islamic Economics and Business Faculty of IAIN Kudus Islamic Economics study program consisting of 6 classes, Islamic Accounting 2 classes, and Islamic Banking 2 classes. The sampling technique is done using simple random sampling techniques or samples taken simply from a random population without regard to strata in the population. The sample in this study were 5 people from each class. The data analysis technique used is multiple linear regression test in the form of the coefficient of determination test, F test, and t test through SPSS. Methods of data collection using questionnaire distribution techniques. The results of this study have shown that the education and recommendation variables have no significant effect, while the benefit variable has a significant effect on the investment interest variable of the Islamic Economics and Business Faculty students of IAIN Kudus.

Keywords: education; benefits; recommendations; investment interest.

 

ABSTRAK

Penelitian dilakukan bertujuan untuk menguji adanya pengaruh edukasi, manfaat, dan rekomendasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal syariah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan cara terjun langsung ke lapangan (field research). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus program studi Ekonomi Syariah yang terdiri dari 6 kelas, Akuntansi Syariah 2 kelas, dan Perbankan Syariah 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling atau sampel yang diambil secara sederhana dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sampel pada penelitian ini adalah 5 orang dari masing-masing kelas. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji regresi linier berganda berupa uji koefisien determinasi, uji F, serta uji t melalui SPSS. Metode pengumpulan data dengan teknik sebar angket atau kuisioner. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa variabel edukasi dan rekomendasi tidak berpengaruh signifikan, sedangkan variabel manfaat berpengaruh signifikan terhadap variabel minat berinvestasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus.

Kata Kunci: edukasi; manfaat; rekomendasi; minat investasi.

Keywords


education; benefits; recommendations; investment interest; edukasi; manfaat; rekomendasi; minat investasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/banku.v1i2.2062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan



BanKu:Jurnal Perbankan dan Keuangan
Jurusan Perbankan dan Keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya
Kode Pos 46115 Telepon: (0265) 323534

 

Creative Commons License
BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan by Program Studi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://http://jurnal.unsil.ac.id/banku

BanKu Stats