Analisis Perbedaan Harga Saham, Volume Perdagangan Saham, dan Return Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split

Dina Maulida, Arya Samudra Mahardhika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan harga saham, volume perdagangan saham, dan return saham sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian merupakan data harian pada periode 2017-2019. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan stock split untuk periode 2017-2019. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dari populasi 45 perusahaan yang melakukan stock split, 43 perusahaan yang memenuhi kriteria menjadi sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji beda berpasangan dengan pengamatan 5 hari sebelum dan sesudah stock split. Hasil analisis statistik dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara harga saham sebelum dan sesudah stock split, tetapi tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap volume perdagangan saham dan return saham sebelum dan sesudah stock split.

Keywords


Stock Split; Harga Saham; Volume Perdagangan Saham; Return Saham;

References


Adhiwijaya, N., Hermuningsih, S., & Mujino, M. (2018). Analisis Perbedaan Return Saham dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Kejadian Pemecahan Saham (Stock Split) Tahun 2017 (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(8), 114-120.

Ati, T. H. S. (2019). Perbandingan Likuiditas Saham dan Return Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Fahmi, I. (2015). Pengantar Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ginting, S. C., & Rahyuda, H. (2014). Perbedaan Volume Perdagangan Saham Dan Abnormal Return Saham Sebelum Dan Sesudah Peristiwa Pemecahan Saham (Stock Split) Pada Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen, 3(6).

Halim, A. (2018). Analisis Investasi dan Aplikasinya. Jakarta: Salemba Empat.

Hartono, J. (2003). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kesebelas. Yogyakarta: BPFE.

Hendrawijaya Dj, M. (2009). Analisis Perbandingan Harga Saham, Volume Perdagangan Saham, Dan Abnormal Return Saham Sebelum Dan Sesudah Pemecahan Saham (Studi pada perusahaan go public yang melakukan pemecahan saham antara tahun 2005–2008 di BEI) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Husnan, S. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

IDX. 2019. www.idx.co.id. Diakses Via Google pada Tanggal 10 November 2019.

Irwansyah, M. A., Saryadi, S., & Wijayanto, A. (2014). Analisis Perbedaan Tingkat Harga Pasar Saham, Return Saham, Dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Stock Split. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(3), 125-133.

Kristianiarso, A. A. (2014). Analisis Perbedaan Likuiditas Saham, Harga Saham, dan Return Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Pada Perusahaan Go Public yang Melakukan Stock Split Periode 2011-2014). Operations Excellence, 6(3), 268830.

Sandi, A. A., & Halim, A. (2016). Perbedaan Frekuensi Perdagangan Saham, Return Saham dan Trading Volume Activity Sebelum dan Setelah Pemecahan Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal riset mahasiswa akuntansi, 4(2).

Santoso, S. (2018). Menguasai SPPS Versi 25. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Siregar, C. P. 2019. Analisis Perbandingan Volume Perdagangan Saham dan Return Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi: Teori dan aplikasi. Kanisius. Yogyakarta

Tjiptono, D., & Fakhruddin, H. M. (2006). Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Yahoo. (2019). Yahoo! Finance. http://finance.yahoo.com/. Diakses Via Google pada Tanggal 3 November 2019.

Yuhendri, V. I., & Azizah, D. F. (2019). Analisis Perbedaan Trading Volume Activity dan Abnormal Return Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi pada Perusahaan yang melakukan Stock Split yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Jurnal Administrasi Bisnis, 73(1), 216-224.




DOI: https://doi.org/10.37058/jak.v1i1.2754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL AKUNTANSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi by Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak.

Jurnal Akuntansi Visitor Counter JAK Stats