ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC

Fanny Ahmad Fauzi, Nani Ratnaningsih, Ratna Rustina, Khomsatun Nimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes gaya berpikir, tes kemampuan berpikir kritis matematik dan wawancara. Instrumen utama penelitian yaitu peneliti sendiri (human instrument) dan instrumen bantu yakni tes gaya berpikir, soal tes kemampuan berpikir kritis matematik, dan pedoman wawancara dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 4 peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial konkret, memiliki kemampuan berpikir kritis matematik pada semua indikator yaitu memeriksa kebenaran argumen, pernyataan dan proses solusi; menyusun menyusun pertanyaan disertai alasan; mengidentifikasi data relevan dan tidak relevan suatu masalah matematika; dan mengidentifikasi asumsi dan menyusun jawaban atau menyelesaikan masalah matematika disertai alasan. Peserta didik dengan gaya berpkir sekuensial abstrak dan acak konkrit tidak mampu mengidentifikasi asumsi, tetapi mampu pada indikator yang lainnya. Sedangkan peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dan acak abstrak tidak mampu menyusun pertanyaan disertai alasan, tetapi mampu pada indikator lainnya.

Full Text:

PDF

References


Ratnaningsih N, Akbar E E R, Hidayat E 2018 Effect of chronotype and student learning time on mathematical ability based on self-regulated learning Journal of Physics: Conference Series 1013 (2018) 012141

Ratnaningsih N, Hermanto R, Kurniati N S 2019 Mathematical Communication and social skills of the students through learningassurance relevance interest assessment and satisfication Journal of Physics: Conference Series 1360 (2019) 012032

Paul R, Elder L 2007 Critical Thinking Competency Standads [PDF Version] www.criticalthinking.org

Patimah D, Murni 2015 Analisis Kualitatif Gaya Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fisika pada Materi Gerak Parabola Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 106-118

Muhtadi D, Supratman & Hermanto R 2019 The students’ mathematical critical thinking process reviewed from the cognitive style IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conference Series 1188 (2019) 012082

Sari M, Susiswo & Nusantara T 2016 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gambut Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika 254-264

Juniarti N K, Pramudya I, Kuswardi Y 2017 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Soalcerita Materi Kesebangunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tawangsari Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) 1(1) 99-116

Saxton E, Secret B & William B 2012 The Critical Thinking Analytic Rubric (CTAR): Investigating Intra-Rater nd Inter-Rater Reliability of a Scoring Mechanism For Critical Thinking Perforamance Assessments. Elsevier 17 251-270

Wendayani, Ratnaningsih N, Muhtadi D 2019 Implementasi Model Pembelajaran Osborn untuk Menggali Kemampuan Berpikir Lateral Matematik Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Journal of Authentic Research on Mathematics Education 1(2) 19-30

Khoerunnisa S N, Ratnaningsih N, Muslim S R 2020 Analisis Kemampuan Penalaran Induktif Matematik Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Silver dan Hanson Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2(1) 67-78

Bancong S 2012 Profil Penalaran Logis Berdasarkan Gaya Berpikir Dalam Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2(2) 195-202

Sirri E L, Ratnaningsih N, Mulyani E 2020 Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2(1) 46-56

Gaden K R 1992 Inclusion of Gregorc's Mind Styles Concepts in Physical Therapy Curriculum and Instruction in Selected Baccalaureate and Post-Baccalaureate Programs (Andrews University: Desertation)

Zakir M 2015 Description of Logical Reasoning in Solving Mathematics Problems Based on Students’ Thinking Style of Students at SMPN 2 Pinrang Jurnal Daya Matematis 3(2) 152-165

Abdi A 2012 A study on the relationship of thinking styles of students and their critical thinking skills Elsevier 1719-1723

Haryati S, Masduki & Kholid MN 2016 Gaya Berpikir Matematika Siswa dalam Penyelesaian Soal Cerita Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika 1-9

Fatmawati H, Mardiyana & Triyanto 2014 Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(9) 899-910

DePorter B & Henarcki 2000 Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Bandung, Ina: Haifa)

Hendriana H & Sumarmo U 2017 Penilaian Pembelajaran Matematika (Bandung : Pt Refika Aditama)

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta)

Tobias C U 2009 Cara Mereka Belajar (Jakarta: Pionir Jaya)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Statcounter:

Indexed by :

Moraref One Search