PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Liza Adiati, Ipah Muzdalipah, Ratna Rustina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik antara yang menggunakan model Discovery Learning dengan yang menggunakan model Problem Based Learning ditinjau dari gaya belajar visual, (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik antara yang menggunakan model Discovery Learning dengan yang menggunakan model Problem Based Learning ditinjau dari gaya belajar auditorial, dan (3). Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik antara yang menggunakan model Discovery Learning dengan yang menggunakan model Problem Based Learning ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan koneksi matematik dan angket gaya belajar yang diberikan kepada peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Mangunreja Kabupaten
Tasikmalaya, sampel yang terpilih yaitu kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Discovery Learning dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dengan model Problem Based Learning. Data dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan α=1%. Dengan simpulan sebagai berikut: (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada yang menggunakan model
Problem Based Learning ditinjau dari gaya belajar visual. (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada yang
menggunakan model Problem Based Learning ditinjau dari gaya belajar auditorial, dan (3). Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada yang menggunakan model Problem Based Learning ditinjau dari gaya
belajar kinestetik.


Full Text:

PDF 10-18

References


Fahradina N, Ansari B I & Saiman 2014 Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok Jurnal Didaktik Matematik 1(2) pp 54-64

Anita I W 2014 Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Infinity Journal 3(1) pp 125-132

Hendriana H, Rohaeti E E & Sumarmo U 2017 Hard Skills dan Soft Skills Matematika Sisiwa (Bandung: Refika Aditama)

Saminanto & Kartono 2015 Analysis of Mathematical Connection Ability in Linear Equation with One Variable Based on Connectivity Theory International Journal of Education and Research 3(4)

Persada A R 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa: Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Segiempat Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching 5(2) pp 23-33

Kurniasih I & Sani B 2014 Suskes Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013 (Indonesia: Kata Pena)

Budiarti I & Jabar A 2016 Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016 Jurnal Pendidikan Matematika 3(2) pp 142-147

Deporter B & Hernacki M 2016 Quantum Learning (2nd ed.) (Bandung, Indonesia: Kaifa)

Alistina J 2015 Peningkatan Koneksi Matematika Melalui Model Discovery Learning Berbasis Brainstorming Pada Siswa Kelas VIII-H Semester Genap SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015 Artikel Publikasi Ilmiah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.622

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF 10-18 - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal