STUDI ETNOMATEMATIKA: MENGUNGKAP GAGASAN DAN POLA GEOMETRIS PADA KERAJINAN ANYAMAN MENDONG DI MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA

Asep Gilang Resfaty, Ipah Muzdalipah, Edi Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap gagasan geometris pada kerajinan anyaman mendong, (2) mengungkap pola geometris pada kerajinan anyaman mendong di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan yaitu Metode Etnografi penelitian mendalam tentang perilaku yang terjadi secara alami dalam suatu budaya atau kelompok sosial. Sumber data penelitian adalah satu orang pengrajin dan satu orang kasepuhan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Terdapat Etnomatematika seperti (1) gagasan geometris berbentuk segitiga, lingkaran, dan persegi (2) pola geometri yang terbentuk berupa pola bilangan berulang 1,2,3,4,3,2,1 – 1,2,3,4,1,2,3,4 dengan hanian 1-3-2-4-2-3-1-4-2-3-1- 3-2-4. Kemudian dari setiap setiap motif anyaman mendong mempunyai gaasan geometris tersendiri.


Full Text:

PDF 19-26

References


Rosa M & Clark Orey D 2011 Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista latinoamericana de etnomatemática, 4(2)

Freudenthal H 2006 Revisiting mathematics education: china lectures (Vol. 9) Springer Science & Business Media

Karnilah N & Juandi D 2013 Study Ethnomathematics: Pengungkapan Sistem Bilangan Masyarakat Adat Baduy Jurnal online pendidikan matematika kontemporer 1(1)

Septianawati T 2014 Study ethnomathematics: mengungkap ide-ide matematis pada anyaman dan satuan-satuan (panjang, luas, dan volume) di masyarakat kampung naga (doctoral dissertation, universitas pendidikan indonesia)

Albanese V & Perales Palacios F J 2015 Enculturation with ethnomathematical microprojects: From culture to mathematics.

Gerdes P 1996 Ethnomathematics and mathematics education In international handbook of mathematics education (pp 909-943) (Springer Netherlands)

] Andinny 2016 Pengaruh pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar matematika JKPM Vol 1 & 2 pp 169-179

Ary D 2010 “Introduction to research in education”. volume 8. USA: Weadworth Cengage Learning

Kellman J P 2010 Perceptual Learning Modules in Mathematics: Enhancing Students’ Pattern Recognition, Structure Extraction, and Fluency. DOI: 10.1111/j.1756-8765.2009.01053.x. Vol(2) p 286

Matang R & Owens K 2004 Rich transitions from indigenous counting systems to english arithmetic strategies: implications for mathematics education in papua new guinea In proceedings of international congress on mathematics education ICME10

O’Daffer P, Charles R, Cooney T, Dossey J & Schielack J 2008 Mathematics forelementary school teachers

Prabawati M N 2016 Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolahkabupaten tasikmalaya Infinity Journal 5(1) pp 25-31

Rosa M & Orey D C 2009 Symmetrical freedom quilts: the ethnomathematics of ways of communication, liberation, and art.

Steen L A 1988 The science of patterns. Science, 240(4852) pp 611-616




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.623

Article Metrics

Abstract view : 430 times
PDF 19-26 - 917 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal