PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE

Eka Nur Zakiyah Rinaldi, Supratman Supratman, Redi Hermanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses berpikir menurut level berpikir Van Hiele dan (2) kemampuan spasial berdasarkan level berpikir Van Hiele. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis think aloud method. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu dengan tes level berpikir Van Hiele dan tes kemampuan spasial. Sumber data terdiri dari: (1) tempat yaitu SMAN 1 Tasikmalaya, (2) pelaku yaitu 5 orang peserta didik kelas X yang diperoleh dengan purposive sampling, dan (3) aktivitas yaitu segala kegiatan pada saat pengerjaan instrumen tes dan berlangsungnya wawancara. Teknik
analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) deskripsi proses berpikir menurut level berpikir Van Hiele yaitu: (a) peserta didik level 0 cenderung mengenal bentuk-bentuk geometri dari karakteristik visual yang tampak, (b) peserta didik level 1 menggunakan sifat dari bangun geometri untuk mendefinisikan secara lisan suatu bangun geometri walupun tidak lengkap, (c) peserta didik level 2 mengetahui dan memahami hubungan antar beberapa bangun geometri dengan benar, (d) peserta didik level 3 mengetahui beberapa hukum matematika seperti teorema walaupun belum paham mengapa sesuatu dijadikan
teorema, dan (2) kemampuan spasial berdasarkan level berpikir Van Hiele yaitu: (a) peserta didik level 0 memiliki rotasi dan visualisasi spasial yang belum optimal, (b) peserta didik level 1 memiliki persepsi, rotasi, dan visualisasi spasial, (c) peserta didik level 2 memiliki persepsi dan rotasi spasial, dan (d) peserta didik level 3 memiliki persepsi dan rotasi spasial.


Full Text:

PDF 38-45

References


Abdussakir A 2012 Pembelajaran geometri sesuai teori Van Hiele Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1) doi: http://dx.doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832

Safrina K, Ikhsan M & Ahmad A 2014 Peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele Jurnal Didaktik Matematika 1(1) pp 9—20

Mulyana E 2003 Masalah ketidaktepatan istilah dan simbol dalam geometri SLTP Kelas 1 Makalah. FPMIPA UPI

Prastyaningsih A W 2015 Tahap berpikir siswa dalam belajar geometri pada pokok bahasan dimensi tiga berdasarkan tahap berpikir Van Hiele ditinjau dari kecerdasan visual-spasial siswa kelas X SMAN 1 Surakarta

Faradhila N, Sujadi I & Kuswardi Y 2013 Eksperimentasi model pembelajaran Missouri Matehmatics Project (MMP) pada materi pokok luas permukaan serta volume prisma dan limas ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2011/2012 Jurnal Pendidikan Matematika Solusi 1(1) pp 1-8

Oktaviana R 2016 Peran kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan geometri. Dipresentasikan pada Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sofyana A U & Budiarto M T 2013 Profil keterampilan geometri siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan level perkembangan berfikir Van Hiele. MATEHdunesa, 2(1)

Musa L A D 2016 Level berpikir geometri menurut teori Van Hiele berdasarkan kemampuan geometri dan perbedaan gender siswa kelas VII SMPN 8 ParePare Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 4(2) pp 103—116




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal