Analisis Keberhasilan Penggunaan E-Learning pada Pembelajaran Fisika Kelas X MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya

Milda Maulida, Salsabilla Berlianna Putri, Hendra Irawan, Rifa'atul Maulidah, Rahmat Rizal

Abstract


Analisis keberhasilan penggunaan e-learning di sekolah sangat penting untuk memastikan bahwa teknologi ini benar-benar memberikan manfaat optimal bagi proses pembelajaran. Dengan melakukan analisis, kita dapat mengidentifikasi aspek-aspek yang berjalan dengan baik dan yang perlu ditingkatkan, sehingga e-learning dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pembelajaran Fisika kelas X di SMAN 4 Tasikmalaya sudah berbantuan media pembelajaran e-learning yaitu virtual lab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas keberhasilan penggunaan e-learning pada mata pelajaran Fisika di kelas X MIPA. Jenis penelitian ini adalah penelitin deskriptif kuantitatif. Pemilihan sampel dilakunan dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan 66 peserta didik dari kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5. Data penelitian berupa angket berdasarkan 6 indikator diperoleh dengan menyebarkannya melalui Google Form. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran e-learning pada pembelajaran Fisika di kelas X SMAN 4 Tasikmalaya berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi.   

Keywords


E-Learning; Fisika; Media Pembelajaran; Virtual Lab

References


Abdi, M. U., Mustafa, M., & Pada, A. U. T. (2021). Penerapan Pendekatan STEM Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 209–218. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21774

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Agus Prasetyo Utomo, & Alfiandika, A. B. (2022). Analisis Keberhasilan E-Learning Universitas Dalam Perspektif Sistem Informasi. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 24–38. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i1.605

Almadani. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan (Vol. 4, Issue 1).

Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612

Arista, K. D., Suma, K., & Suastra, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Fenomena Berbantuan E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(1), 154–163.

Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Pendidikan Fisika, 3, 74–82.

Elviana, L., Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 X Koto Diatas. 9(2), 388–394. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3038

Gumilar, R., & Hermawan, Y. (2021). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Metode E-Learning. 9, 71–76.

Kusuma Dewi, O. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem E-Learning Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.

Muharrohmah, N. L., Haryanto, S., & Fatiatun, F. (2023). Penerapan Hybrid Learning Berbasis Masalah Terhadap Critical. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 56–66.

Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 87–92.

Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548

Rohani, M., & Zulfah. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok. 3(1), 44–55. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/download/994/538

Saragih, M. G., Saragih, L., Purba, J. W. P., & Panjaitan, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar-Dasar Memulai Penelitian (A. Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis, 2021.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562

Suhadirman, Asni, N., Abrar, A. I. P., & Hasanah, U. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhETterhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika. 12(September), 779–791. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.652

Sujiwo, D. A. C., & A’yun, Q. (2020). Pengaruh Pemanfaatan E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. 5(2), 53–59. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/justindo.v5i2.3469




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i2.10220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Milda Maulida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: [email protected]

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats