Pengembangan Instrumen MW4T (Mechanic Wave Four Tier) Diagnostic Test Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik

Hidayati Roistiya, Ino Angga Putra, Novia Ayu Sekar Pertiwi

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan penulis terhada padanya indikasi peserta didik yang memiliki kelemahan dalam menentukan jenis-jenis gelombang, makna fisis dari representasi fungsi gelombang, serta pengaruh perubahan medium pada perambatan gelombang mekanik. Pemahaman konsep dasar tentang gelombang penting karena terkait dengan penerapannya pada teknologi modern. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen MW4T diagnostic test untuk mengukur pemahaman konsep gelombang mekanik yang valid dan reliabel. Penelitian adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D. Submateri yang diukur pada instrumen ini adalah jenis-jenis gelombang, perambatan gelombang, gelombang tegak, dan superposisi gelombang. Hasil uji coba menunjukkan indeks validitas rata-rata instrumen adalah 0,30, indeks reliabilitas adalah 0,617, dan hasil indeks kesukaran item dalam rentang 0,16 sampai 0,65. Produk ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dan selanjutnya sebagai bahan pertimbangan melakukan pembelajaran materi gelombang mekanik untuk menyongsong era revolusi industri 4.0.

Keywords


instrumen MW4T; tes diagnostik; pemahaman konsep; gelombang mekanik

Full Text:

PDF

References


Adams, W.K. & Wieman, C. E. (2010). Development and Validation of Instruments to Measure Learning of Expert-Like Thinking. International Journal of Science Education, 1–24.

Ananda, L. J. (2014). Pembelajaran Bermakna dengan Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran IPA. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed. 2(2).

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta Iriyanti.

N. P., Mulyani, S., & Ariani, S.R.D. (2012). Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Pokok Wujud Zat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bawang Tahun 2009/2010. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1), 8-13.

Ismail, I.I, Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I. (2015). Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Makalah disajikan di Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, Institut Teknologi Bandung, Indonesia.

Karlina, A.D., Raharjo, T., & Pujayanto. (2016). Profil Miskonsepsi Siswa SMA Kelas XI pada Konsep Termodinamika. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kryjevskaia, M., Stetzer, M. R., & Heron, P. R. L. (2013). Student Difficulties Measuring Distances in Terms of Wavelength: Lack of Basic Skills or Failure to Transfer?. Physical Review Special Topics - Physics Education Research.No. 9, 010106.

Kryjevskaia, M., Stetzer, M.R., & Heron, P.R.L. (2012). Student understanding of wave behavior at a boundary: The relationships among wavelength, propagation speed, and frequency, American Journal of Physics. 80, 339.

McKagan, S. B., Perkins, K. K., & Wieman, E. (2010). Design and Validation of the Quantum Mechanics Conceptual Survey. Physical Review Special TopicsPhysics Education Research. No. 6, 020121.

Perwitasari, A.D., Linuwih, S., & Akhlis, I. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Berbasis WEB pada Materi Termodinamika untuk Mengidentifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Pesman, H. (2005). Development of A Three-Tier Test to Assess Ninth Grade Students’ Misconceptions About Simple Electric Circuits. Tesis tidak diterbitkan. Ankara: Middle East Technical University.

Serway, R.A. & Jewett, J.W. (2004). Physics for Scientists and Engineers (6th Edition). Boston: Thomson Brooks/Cole.

Sutopo. (2016). Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep-Konsep Dasar Gelombang Mekanik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 12 (1), 41-53.

Tongchai, A., Sharma, M.D., Johnston, I.D., Arayathanitkul, K., &

Soankwan, C. (2009). Developing, evaluating and demonstrating the use of a conceptual survey in mechanical waves. International Journal of Science Education. 31, 2437.

Tongchai, A., Sharma, M.D., Johnston, I.D., Arayathanitkul, K., & Soankwan, C. (2011). Consistency of Students’ Conceptions of Wave Propagation: Findings from a Conceptual Survey in Mechanical Waves. Physical Review Special Topics - Physics Education Research.No. 7, 020101.

Wittmann, M. C., Steinberg, R. N. & Redish, E. F. (1999). Making sense of how students make sense of mechanical waves. Physics Teacher, no. 37 (1), 15–21.

Young, H.D. & Freedman, R.A. (2012). Sears and Zemansky’s University Physics – with Modern Physics (13th ed.). San Francisco: Pearson education.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats