Profil Praktikum Energi Terbarukan di Sekolah dan Kebutuhan Perangkat Praktikum Berbasis Sel Surya Menurut Perspektif Guru Fisika

Entang Entang, Judhistira Aria Utama, Winny Liliawati

Abstract


Pengajaran energi terbarukan, khususnya tentang energi surya, semakin penting dalam kurikulum fisika SMA. Namun, keterbatasan perangkat praktikum yang mendukung topik ini menjadi salah satu tantangan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru fisika SMA terhadap perangkat praktikum berbasis sel surya dalam pembelajaran energi terbarukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring menggunakan Google Form kepada guru fisika di Provinsi Lampung, melibatkan 36 responden dari 8 kabupaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam kegiatan praktikum (56%), sementara penggunaan alat praktikum hanya sebesar 11%. Dari segi topik, energi air menjadi topik praktikum yang paling sering diajarkan (37%), diikuti oleh energi angin dan energi surya (masing-masing 31% dan 17%). Namun, hanya 31% sekolah yang memiliki perangkat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mendukung pembelajaran, sementara 69% lainnya tidak memiliki perangkat tersebut. Kesimpulannya, terdapat kebutuhan yang signifikan akan perangkat praktikum berbasis PLTS di sekolah, serta perlunya upaya lebih lanjut untuk meningkatkan akses dan penggunaan perangkat tersebut dalam pembelajaran energi terbarukan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat dalam pengembangan perangkat praktikum yang mendukung pengajaran energi terbarukan di sekolah

Keywords


Energi terbarukan, guru fisika, pembelajaran, perangkat praktikum, PLTS.

References


Anisa, Y.A dan A. P. G. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2022. Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Proyek: Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (Poc) Pada Konsep Materi Dan Perubahannya, 1, 46–52.

Delima, E.M., Mayub, A.E. N. (2023). Pengembangkan Alat Peraga Energi Terbarukan Berbasis Solar Cell pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, 13, 284–290.

Fadhilah, N., Risanti, D. D., Wahyuono, R. A., Sawitri, D., Mawarani, L. J., Zulkifli, Z., Muharja, M., Arimbawa, I. M., & Raafi’u, B. (2023). Energy Experiment Teaching Kit sebagai Alat Bantu Materi Pembelajaran Energi Terbarukan yang Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Sains Siswa SDN Ajung 01 Kalisat. Sewagati, 7(4), 634–642. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i4.591

Fatimah, A. (2017). Pengembangan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Praktikum Pembangkit Listrik Tenaga Surya. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25722%0Ahttp://repository.unj.ac.id/25722/1/3215126537-Aini Fatimah.pdf

Jannatul, A. M. dan Efendi, F. A. R. (2023). Pengaruh Praktikum Berbasis Riset Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Perkembangan Dan Pertumbuhan Kacang Hijaiu (Vigna Radiata). 4(2), 97–101.

Kamaliana, Y., Kurnia, N., & Mashami, R. (2024). Pengaruh Praktikum Inkuiri Terbimbing Berbasis Bahan Pangan Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Dan Basa. Reflection Journal, 4(1), 37–51.

Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.

Komalasari, K., Nurlaili, D., Qolbi, M. A., Halimatussa’diah, N., & Maulidah, R. (2022). Perancangan Flood Warning Alarm Sederhana Dengan Indikator Ketinggian Berbasis Tenaga Panel Surya. Diffraction, 3(2), 36–41. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.3809

Muslihatun, S. (2016). Jurnal ilmiah profesi pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(2), 198–210.

Muslim, M., Ariska, M., Sriwijaya, U., Dasar, E., & Konsep, P. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Elektronika Dasar. 7(2), 111–117.

Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Sma/ Ma. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792

Nuraina, N., Mastuang, M., & Dewantara, D. (2024). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berintegrasi Kearifan Lokal Menggunakan Kooperatif Tipe STAD untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Diffraction, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.8582

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Rinia, S.N & Irwandi. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL). 4(1), 6.

Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 24. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14546

Sterling. (2018). The Sustainable University, June. https://doi.org/10.1353/book.47871

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. 2(1), 49–57.

Syah, A. A. (2022). Pengembangan Trainer Kit PLTS sebagai media pembelajaran di Laboratorium Konversi Energi. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022

UNESCO. (2018). Issues and trends in education for sustainable development. In Issues and trends in education for sustainable development. https://doi.org/10.54675/yelo2332

Widya, S. U. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VI(1), 65–75.

Wulandari, N., & Perdana, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Learning dengan Metode Praktikum Berbantuan Alat Peraga Ayunan Bandul Sederhana. Diffraction, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.6409




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i2.12808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Entang Entang, Judhistira Aria Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: [email protected]

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats