Profil Praktikum Energi Terbarukan di Sekolah dan Kebutuhan Perangkat Praktikum Berbasis Sel Surya Menurut Perspektif Guru Fisika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anisa, Y.A dan A. P. G. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2022. Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Proyek: Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (Poc) Pada Konsep Materi Dan Perubahannya, 1, 46–52.
Delima, E.M., Mayub, A.E. N. (2023). Pengembangkan Alat Peraga Energi Terbarukan Berbasis Solar Cell pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, 13, 284–290.
Fadhilah, N., Risanti, D. D., Wahyuono, R. A., Sawitri, D., Mawarani, L. J., Zulkifli, Z., Muharja, M., Arimbawa, I. M., & Raafi’u, B. (2023). Energy Experiment Teaching Kit sebagai Alat Bantu Materi Pembelajaran Energi Terbarukan yang Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Sains Siswa SDN Ajung 01 Kalisat. Sewagati, 7(4), 634–642. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i4.591
Fatimah, A. (2017). Pengembangan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Praktikum Pembangkit Listrik Tenaga Surya. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25722%0Ahttp://repository.unj.ac.id/25722/1/3215126537-Aini Fatimah.pdf
Jannatul, A. M. dan Efendi, F. A. R. (2023). Pengaruh Praktikum Berbasis Riset Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Perkembangan Dan Pertumbuhan Kacang Hijaiu (Vigna Radiata). 4(2), 97–101.
Kamaliana, Y., Kurnia, N., & Mashami, R. (2024). Pengaruh Praktikum Inkuiri Terbimbing Berbasis Bahan Pangan Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Dan Basa. Reflection Journal, 4(1), 37–51.
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Komalasari, K., Nurlaili, D., Qolbi, M. A., Halimatussa’diah, N., & Maulidah, R. (2022). Perancangan Flood Warning Alarm Sederhana Dengan Indikator Ketinggian Berbasis Tenaga Panel Surya. Diffraction, 3(2), 36–41. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.3809
Muslihatun, S. (2016). Jurnal ilmiah profesi pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(2), 198–210.
Muslim, M., Ariska, M., Sriwijaya, U., Dasar, E., & Konsep, P. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Elektronika Dasar. 7(2), 111–117.
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Sma/ Ma. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792
Nuraina, N., Mastuang, M., & Dewantara, D. (2024). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berintegrasi Kearifan Lokal Menggunakan Kooperatif Tipe STAD untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Diffraction, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.8582
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Rinia, S.N & Irwandi. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL). 4(1), 6.
Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 24. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14546
Sterling. (2018). The Sustainable University, June. https://doi.org/10.1353/book.47871
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. 2(1), 49–57.
Syah, A. A. (2022). Pengembangan Trainer Kit PLTS sebagai media pembelajaran di Laboratorium Konversi Energi. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
UNESCO. (2018). Issues and trends in education for sustainable development. In Issues and trends in education for sustainable development. https://doi.org/10.54675/yelo2332
Widya, S. U. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VI(1), 65–75.
Wulandari, N., & Perdana, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Learning dengan Metode Praktikum Berbantuan Alat Peraga Ayunan Bandul Sederhana. Diffraction, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.6409
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i2.12808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Entang Entang, Judhistira Aria Utama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international