Majalah Elektronik Materi Rambatan Kalor untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Nadia Srikandi, Ino Angga Putra, Novia Ayu Sekar Pertiwi

Abstract


Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media belajar yang menyebabkan peserta didik merasa bosan yang mengakibatkan menurunnya minat belajar pada peserta didik. Dengan adanya masalah tersebut diperlukan adanya majalah elektronik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk majalah elektronik materi rambatan kalor, mengetahui kelayakan majalah elektronik materi rambatan kalor dan mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik yang menggunakan majalah elektronik materi rambatan kalor.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode dari Sugiyono. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi oleh validator, angket respon peserta didik dan angket minat belajar peserta didik.

Hasil analisis data dari angket validasi ahli media mendapat persentase 81,6%, validasi ahli materi mendapat persentase 75,3%, validasi pendidik mendapat persentase 80% dan hasil uji coba peserta didik mendapat persentase 86,4%. Hal ini menunjukkan bahwa majalah elektronik layak untuk digunakan. Hasil uji minat belajar sebelum penggunaan media sebesar 70,1% yang tergolong kategori cukup. Setelah penggunaan media belajar, hasil uji minat belajar peserta didik sebesar 77,4% yang tergolong kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan majalah elektronik.


Full Text:

PDF

References


Abbas, J., Aman, J., Nurunnabi, M., & Bano, S. (2019). The impact of social media on learning behavior for sustainable education: Evidence of students from selected universities in Pakistan. Sustainability (Switzerland), 11(6), 1–23. https://doi.org/10.3390/su11061683

Al-zedjali, K. H., Al-harrasi, A. S., & Al-badi, A. H. (2014). Motivations for Using Social Networking Sites by College Students for Educational Purposes. International Journal of Social, Education, Economics and Management Engineering, 8(8), 2551–2554.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. In Rineka Cipta.

Carey, V. P., Chen, G., Grigoropoulos, C., Kaviany, M., & Majumdar, A. (2008). A review of heat transfer physics. Nanoscale and Microscale Thermophysical Engineering, 12(1), 1–60. https://doi.org/10.1080/15567260801917520

Chatterjee, S. (2014). A Sociological Outlook of Mobile Phone Use in Society. International Journal of Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies, 1(6), 55–63. http://www.ijims.com

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.

Hardono, A., Sarayar, A. R. O., Kurniawan, H. A., Donianxon, R. A., & Nastiti, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa UAJY. Proceeding SINTAK 2019, 1, 458–464.

Irfan, M., Nursiah, S., & Rahayu, A. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 9(3), 262. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10851

Moll, R. F., Nielsen, W., & Linder, C. (2015). Physics Students’ Social Media Learning Behaviours and Connectedness. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 6(2), 16–35. https://doi.org/10.4018/ijdldc.2015040102

Mulyani, E. W. S. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136

Novia, S. (2018). Pengembangan Alat Peraga Sub Materi Perpindahan Kalor secara Radiasi untuk Menunjang Pembelajaran Fisika. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 118–122.

Nurjanah, S., Wicaksono, I., & Budiarso, A. S. (2018). Kajian Pembelajaran IPA dengan Model Pengintegrasian. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018 “Implementasi Pendidikan Karakter Dan IPTEK Untuk Generasi Millenial Indonesia Dalam Menuju SDGs 2030,†3, 341–346.

Pathare, S. R., & Pradhan, H. C. (2010). Students’ misconceptions about heat transfer mechanisms and elementary kinetic theory. Physics Education, 45(6), 629–634. https://doi.org/10.1088/0031-9120/45/6/008

Putra, I. A. (2016). Facebook sebagai Media Pembelajaran yang Inovatif, Interaktif, dan Komunikatif di dalam Pengembangan Kualitas Pembelajaran. Eduscope, 1(2), 79–84.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. In Alfabeta, Bandung.

Rokhimi, I. N., & Pujayanto. (2015). Alat Peraga Pembelajaran Laju Hantaran Kalor Konduksi. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6, 270–274. https://doi.org/10.1186/s12870-015-0414-8

Rosli, M. S., Saleh, N. S., Aris, B., Ahmad, M. H., Sejzi, A. A., & Shamsudin, N. A. (2015). E-Learning and Social Media Motivation Factor Model. International Education Studies, 9(1), 20. https://doi.org/10.5539/ies.v9n1p20

Silius, K., Miilumäki, T., Huhtamäki, J., Tebest, T., Meriläinen, J., & Pohjolainen, S. (2010). Students ’ Motivations for Social Media Enhanced Studying and Learning Kirsi Silius * Thumas Miilumäki Jukka Huhtamäki Teemo Tebest Joonas Meriläinen Seppo Pohjolainen. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal, 2(1), 51–66.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. https://doi.org/10.1. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Susilawati, Sari, I. W., Studi, P., Fisika, P., Kuala, U. S., Pasca, P., Universitas, S., & Kuala, S. (2019). Pembelajaran Fisika Berbantukan Media Sosial Facebook dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–14.

Tala, S., & Vesterinen, V. M. (2015). Nature of Science Contextualized: Studying Nature of Science with Scientists. Science and Education, 24(4), 435–457. https://doi.org/10.1007/s11191-014-9738-2.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.

Waldrip, B., Prain, V., & Carolan, J. (2010). Using multi-modal representations to improve learning in junior secondary science. Research in Science Education, 40(1), 65–80. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9157-6.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i1.1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats