Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Elektrostatis melalui Pembelajaran Berbasis Quipperschool pada Peserta Didik IX-A SMPN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019

Siska Nurhadi

Abstract


Berdasarkan kondisi di SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya, khususnya di kelas IX-A perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran IPA. Data yang ada menunjukkan rata-rata ulangan belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan pembelajaran berbasis quipperschool pada materi elektrostatis dan mengetahui peningkatan aktivitas peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019 selama mengikuti pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbasis quipperschool pada materi elektrostatis. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan melaksanakan ulangan harian setiap akhir siklus, memberi tugas kelompok, tugas individu secara online, melaksanakan observasi, dan menyebarkan angket. Subjek penelitian berjumlah 32 orang peserta didik di kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data serta pengujian hipotesis tindakan yang telah dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh simpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis quipperschool pada materi elektrostatis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, terdapat peningkatan aktivitas peserta didik selama mengikuti penerapan pembelajaran berbasis quipperschool pada materi elektrostatis.

Keywords


elektrostatis; hasil belajar IPA; quipperschool

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Degeng, I. N. S. (2005). Media pembelajaran: Universitas PGRI Surabaya.

Dimyati, M. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Dryden, G & Vos, J. 2003. Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution). Bandung: Kaifa.

Efendi, E. Zhuang, D. Hartono. (2005). Elearning. Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Isjoni & Firdaus. (2008). Pembelajaran Terkini. Perpaduan Indonesia Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kasbolah, E.S. Kasihani. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah dasar.

Means, B. (1993). Using Technology to Support Education Reform. Amerika Serikat. US Government Printing Office.

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2005). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 8(1):83-98.

Suparman (2007). Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar Di Materi Listrik Statik Dengan Pembelajaran Berbasis ICT Pada Kelas IX di SMP Negeri 4 Kendari. Laporan Penelitian Tindakan Kelas: tidak diterbitkan.

Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta:Depdiknas.

Tim Penyusun. (2005). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas dan Pedoman Kerja Dewan Bimbingan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi.Tasikmalaya: Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats