Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Gejala Kuantum Menggunakan Quantum Physics Conceptual Survey

Suharli AJ, M Furqon, Neneng Lestari, Budi Eka Dharma, Hebat Shidow Falah, Muhammad Khoirul Antony

Abstract


Fisika kuantum merupakan salah satu kategori dari ilmu fisika yang memerlukan pemahaman konsep yang kuat. Pemahaman konsep menjadi fondasi penting bagi mahasiswa dalam memecahkan berbagai fenomena alam, membantu menyelesaikan persoalan kuantitatif dan membangun kerangka berpikir logis dan konsisten. Oleh karena itu, analisis tingkat pemahaman konsep mahasiswa diperlukan sebagai dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep fisika pada materi gejala kuantum dari mahasiswa Pendidikan fisika FKIP Universitas Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 36 mahasiswa dan menggunakan instrument tes diagnostik two- tier dari Quantum Physics Conceptual Survey (QPCS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa terhadap materi gejala kuantum sangat beragam baik paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Miskonsepsi muncul akibat dari kesalahan konseptual dari pengetahuan awal mahasiswa, sedangkan ketidakpahaman konsep dicerminkan oleh keterbatasan dalam menghubungkan konsep- konsep dasar dan prinsip dasar dengan permasalahan. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai tingkat pemahaman konsep mahasiswa dan dapat mengkolaborasikan pendekatan konseptual dengan strategi pembelajaran yang interaktif sehingga mengurangi miskonsepsi dan meningkatakan pemahaman konsep.


Keywords


Fisika Kuantum, Gejala Kuantum, Pemahaman Konsep, QPCS.

References


Abdurrahman, A., Saregar, A., & Umam, R. (2018). The effect of feedback as soft scaffolding on ongoing assessment toward the quantum physics concept mastery of the prospective physics teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 41–47. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.7239

Akhsan, H., Wiyono, K., Ariska, M., & Melvany, N. E. (2020). Development of Higher-order Thinking Test Instrument on Fluid Material for Senior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012046

Ariska, M., Akhsan, H., Muslim, M., & Azizah, S. N. (2021). Pemahaman Konsep Awal Mahasiswa Pendidikan Fisika Terhadap Materi Benda-Benda Langit dalam Perkuliahan Astrofisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 405. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3523

Astutik, S., Supeno, Prastowo, S. H. B., Prihandono, T., & Bektiarso, S. (2021). Study of Kinematics and Dynamics of motion at Semanggi Bridge Jember, Indonesia as a contextual in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012033

Doyan, A., Fisis, O., & Heisenberg, P. G. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 6(2), 278–283. file:///C:/Users/TOSHIBA/Downloads/2819-11165-1-PB.pdf

Febrianti, J., Akhsan, H., & Muslim, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Suhu Dan Kalor Pada Siswa Sma Negeri 3 Tanjung Raja. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 90–102. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.7819

Habibbulloh, M. (2018). Analisis Ragam Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Efek Foto Listrik. Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 48–54. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.70

Irvani, A. I., Rustaman, N., Kaniawati, I., & Sinaga, P. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Difraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.51667/pjpk.v1i2.341

Kassiavera, S., Suparmi, A., Cari, C., & Sukarmin. (2020). Analysis of Students’ Answer About the Conservation of Mechanical Energy Concept in Physics Education Bengkulu University. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 755–763. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8381

Khandagale, V. S., & Chavan, R. (2017). Identification of Misconceptions for Gravity, Motion and Inertia among Secondary School Students. Aayushi International Interdisciplinary Research Journal (AIIRJ), 4(11), 196–205.

McKagan, S. B., Perkins, K. K., & Wieman, C. E. (2008). Why we should teach the Bohr model and how to teach it effectively. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.4.010103

Mulyati, R. M., Yulianto, A., & Astuti, B. (2018). Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Materi Efek Fotolistrik. Jurnal Phenomenon, 08(1), 36–45.

Passante, G., & Kohnle, A. (2019). Enhancing student visual understanding of the time evolution of quantum systems. Physical Review Physics Education Research, 15(1), 10110. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.15.010110

Porter, C. D., & Heckler, A. F. (2020). Effectiveness of guided group work in graduate level quantum mechanics. Physical Review Physics Education Research, 16(2), 20127. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.16.020127

Siahaan, C. E. . (2024). Analysis of Students ’ Understanding of Concepts and Difficulties in Quantum Physics Material. AL- Khazani : Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.45258

Singh, C., & Marshman, E. (2015). Review of student difficulties in upper-level quantum mechanics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–24. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020117

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v7i1.15065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Suharli AJ, Ra'ida Raudhatussya'rifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: [email protected]

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats