Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis STEM dengan Memanfaatkan Membran Nanofiber pada Materi Pencemaran Lingkungan

M. Aswa Azhari, Ida Sriyanti, Leni Marlina

Abstract


Kemajuan teknologi telah mendorong penggunaan media pembelajaran interaktif, termasuk dalam pengajaran sains yang kerap disampaikan hanya melalui buku teks. E-modul berbasis STEM menawarkan solusi dengan menggabungkan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika , serta inovasi seperti membran nanofiber untuk mempermudah pemahaman konsep ilmiah. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan e-modul berbasis STEM dengan membran nanofiber pada material pencemaran lingkungan di SMP Negeri 17 Palembang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 133 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran IPA masih didominasi metode konvensional, sehingga siswa kurang aktif dan kesulitan memahami materi pencemaran lingkungan. Namun, siswa dan guru mendukung pengembangan e-modul STEM berbantuan membran nanofiber karena diyakini dapat meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, pengembangan e-modul ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran sains lebih interaktif, relevan, dan aplikatif.

Keywords


E-Modul, Membran Nanofiber, Pencemaran Lingkungan, STEM.

References


Abdussamad, H. Z. ; S. M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In CV. Syakir Media Press.

Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Kalor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 193–202. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2022). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657

Anwar, M., Alimin, & Munawwarah. (2021). An interactive e-book development based on green chemistry study on Hydrocarbon. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012161

Ardi, Ardi ; Sriyanti , Ida ; Marlina, L. (2024). Pengembangan e-lkpd berbasis pbl dengan pendekatan stem berbantuan memberan nanofiber untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Arianti, A., Marlina, L., & Sriyanti, I. (2022). Development of Interactive Multimedia Based on STEM Wave Material for High School Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(2), 163. https://doi.org/10.20527/bipf.v10i2.12215

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Lestari, T. P., Sarwi, S., & Sumarti, S. S. (2018). STEM-Based Project Based Learning Model to Increase Science Process and Creative Thinking Skills of 5th Grade. Journal of Primary Education, 7(1), 18–24.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Pahrudin, A., Irwandani, Triyana, E., Oktarisa, Y., & Anwar, C. (2019). The analysis of pre-service physics teachers in scientific literacy: Focus on the competence and knowledge aspects. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 52–62. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.15728

Prihatiningtyas, I., & Tamrin. (2023). Aplikasi Membran Teknologi Untuk Pengolahan Limbah Air dan Penghilangan Polutan di Udara. Gunung Djati Conference Series, 34(9), 97–105. http://www.conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1943

Puspitarini, Y., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Rindaryati, N. (2021). E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 192. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31240

Shodiq, D. E., & Setyono, P. (2025). The Development of Science Learning Modules Based on PjBL- STEM to Improve Creative Thinking Skills on Environmental Pollution Materials. 11(4), 41–47. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i4.10729

Siddiq, I., & Asrizal, A. (2023). Development of STEM-Integrated Static Fluid E-Modules to Improve Students’ Creative Thinking and Science Process Skills. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 7(2), 171–1784. https://doi.org/10.24036/jep/vol7-iss2/770

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Sriyanti, I. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Terhadap Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 4(2), 59–64. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i2.7082

W.S. Sembiring, I.G.W. Sudatha, & A.H. Simamora. (2021). E-Modul Ipa Untuk Memfasilitasi Siswa Menengah Atas Belajar Mandiri. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 26–39. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.635




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v7i1.15457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ida Sriyanti, M. Aswa Azhari, Leni Marlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: [email protected]

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats