Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis STEM dengan Memanfaatkan Membran Nanofiber pada Materi Pencemaran Lingkungan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdussamad, H. Z. ; S. M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In CV. Syakir Media Press.
Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Kalor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 193–202. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2022). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657
Anwar, M., Alimin, & Munawwarah. (2021). An interactive e-book development based on green chemistry study on Hydrocarbon. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012161
Ardi, Ardi ; Sriyanti , Ida ; Marlina, L. (2024). Pengembangan e-lkpd berbasis pbl dengan pendekatan stem berbantuan memberan nanofiber untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Arianti, A., Marlina, L., & Sriyanti, I. (2022). Development of Interactive Multimedia Based on STEM Wave Material for High School Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(2), 163. https://doi.org/10.20527/bipf.v10i2.12215
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Lestari, T. P., Sarwi, S., & Sumarti, S. S. (2018). STEM-Based Project Based Learning Model to Increase Science Process and Creative Thinking Skills of 5th Grade. Journal of Primary Education, 7(1), 18–24.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Pahrudin, A., Irwandani, Triyana, E., Oktarisa, Y., & Anwar, C. (2019). The analysis of pre-service physics teachers in scientific literacy: Focus on the competence and knowledge aspects. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 52–62. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.15728
Prihatiningtyas, I., & Tamrin. (2023). Aplikasi Membran Teknologi Untuk Pengolahan Limbah Air dan Penghilangan Polutan di Udara. Gunung Djati Conference Series, 34(9), 97–105. http://www.conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1943
Puspitarini, Y., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Rindaryati, N. (2021). E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 192. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31240
Shodiq, D. E., & Setyono, P. (2025). The Development of Science Learning Modules Based on PjBL- STEM to Improve Creative Thinking Skills on Environmental Pollution Materials. 11(4), 41–47. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i4.10729
Siddiq, I., & Asrizal, A. (2023). Development of STEM-Integrated Static Fluid E-Modules to Improve Students’ Creative Thinking and Science Process Skills. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 7(2), 171–1784. https://doi.org/10.24036/jep/vol7-iss2/770
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Sriyanti, I. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Terhadap Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 4(2), 59–64. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i2.7082
W.S. Sembiring, I.G.W. Sudatha, & A.H. Simamora. (2021). E-Modul Ipa Untuk Memfasilitasi Siswa Menengah Atas Belajar Mandiri. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 26–39. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.635
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v7i1.15457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ida Sriyanti, M. Aswa Azhari, Leni Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international