Penilaian Afektif Pembelajaran Daring IPA Terpadu dengan Menggunakan Media Whatsapp

Ade Rahma Gusti, Yesy Afriansari, Della Verta Sari, Ahmad Walid

Abstract


Penilaian merupakan suatu upaya atau tindakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai. Salah satu aspek penilaian yaitu aspek afektif yang mencakup penilaian watak perilaku seperti sikap, minat, konsep diri, nilai, dan moral. Penggunaan WhatsApp Group (WAG) sebagai media pembelajaran daring yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian hasil pembelajaran IPA terpadu ditinjau dari aspek afektif dengan menggunakan Whatsapp sebagai media penunjang kegiatan belajar antara mahasiswa dan dosen pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan format skala likert yang dibagikan melalui Google Form dengan jumlah responden 20 orang mahasiswa program studi IPA kelas 5A yang mengikuti mata kuliah IPA terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ranah afektif pembelajaran online mata kuliah IPA terpadu di kelas 5A menggunakan WhatsApp Group (WAG) sudah cukup baik. Berdasarkan persentase diagram, dosen dapat menggunakan aplikasi WAG sesuai dengan apa yang diharapkan dan mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran daring dengan maksimal.

Keywords


afektif, Daring, IPA Terpadu, WhatsApp Group

Full Text:

PDF

References


Afnibar, & N, D. F. (2020). Pemanfaatan whatsapp sebagai media komunikasi kegiatan belajar ( Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ). Al-Munir: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam,11,70–83. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/download/1501/1122

Amin, K. (2020). Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 (Corona) di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Andersen, Lorin. W. (1981). Assessing affective characteristic in the schools. Boston: Allyn and Bacon.

Clark, R. C. & Mayer, R. E. (2003). E-Learning and the Science of Instruction. ossey –Bass/Pfeiffer.

Djaali, H., Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

GTPPCovid-19. (2020). Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Henderson. (2003). The E-Learning Question and Answer Book. American Management Association.

Mahasiswa, P., Kimia, J., & Um, F. (2013). Penerapan penilaian kognitif dan afektif pembelajaran. 12(2), 123–133.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Prajana, A., Ilmiah, P., Fauzi, A. A. R., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., Surakarta, U. M., Buchenscheit, A., Könings, B., Neubert, A., Schaub, F., Schneider, M., Kargl, F., Putri, N. E., Iskandar, D., Anwar, N., Riadi, I., Junaida, D. S., … Zuliarso, E. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 3.

Qadar, R. (2015). Mengakses Aspek Afektif Dan Kognitif Pada Pembelajaran Optika Dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i1.2348

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal VARIDIKA, 1(1), 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904

Suryanto. (2008). Aspek afektif hasil pembelajaran matematika. Paedagogia, 11, 62–73.

(2), 107–114. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/107-114/1717

Sartika. (2018). Kegunaan whatsapp sebagai media informasi dan media pembelajaran pada mahasiswa ilmu komunikasi STISIP Persada Bunda. Medium, 6(2), 15–26.

Yunita, L., Agung, S., & Noviyanti, Y. (2017). Penerapan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Siswa Pada Praktikum Kimia di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA,




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats