Evaluasi Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMP terhadap Pembelajaran

Wahyuni Intan Lestari, Elya Nurhaliza, Deka Apriani, Ahmad Walid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan kemampuan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi pustaka dari hasil penelitian terdahulu yang telah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan serta mengkaji berbagai literatur, melalui buku maupun jurnal penelitian yang berhubungan dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap siswa dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik analisis data yang digunakan dalam ialah metode analisis isi (content analysis) untuk di analisis dan diambil kesimpulan, serta dideskripsikan secara sitematis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil pembelajaran atas penerapan model Problem Based Learning atau hal tersebut menunjukkan adanya dampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. 

Keywords


Problem-Based Learning; Berpikir Kritis; Pelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Amarila, Raula Samsul. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed Tema Lingkungan. Journal Unnes Science Education USEJ 3 (2).

Depdikbud. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 SMP, MTs Ilmu Alam (pp.1-366). Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Ma-nusia Pendidikan dan Kebudayaandan Penjaminan Mutu Pendidikan, Ke-mendikbud.

Diamond, I. (2011). Science Education in Schools. London: TLRP Institute of Education University of London.

Hartati, Risa. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Bandung: Journal Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains.

Insani, Metri Dian. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan Dalam Pembelajaran Pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 7, Nomor 2.

Isjoni & Arif Ismail. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 1-10.

Kartimi & Liliasari. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis Pada Konsep Termokimia Untuk SMA Peringkat Atas Dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2) 21-26.

Listyawati, Muji. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education.

Listyawati, Muji. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1) 61-69.

Lukum Astin. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 19, No 1.

Ni, Made. (2008). Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Hlm. 74-84.

Putra, P. D. A. (2015). Pengembangan Sistem ELearning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), 45-49.

R. Hake. (1999). Analyzing Change / Gain Score. Indiana: Indiana University.

Ramdani, Agus dkk. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.

Sari, Devi Diyas. (2012). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas Viii SMP Negeri 5 Sleman. Fakultas: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A. B. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 1(1) 12-20.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, Sri. (2011). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Problem-Based Learning. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2011.

Wahyuni, Sri. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 2015 300 Volume 6 Nomor 1.

Yatim, Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats