INSTRUMEN PENILAIAN FORMATIF BERBASIS GOOGLE FORM PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

mifta niasari

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk 1)mengetahui desain instrumen penilaian formatif berbasis google form pada materi usaha dan energi, 2)mengetahui kelayakan instrumen penilaian formatif berbasis Google Form pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA di MA Ghozaliyah Sumbermulyo Jombang dan Mahasiswa semester 1,3, dan 5 prodi Pendidikan fisika di UNIVERSITAS K.H. ABDUL. WAHAB HASBULLAH. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall (Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, Produksi Massal). Hasil penelitian menghasilkan instrumen penilaian formatif yang berupa kisi-kisi soal yang dikemas dalam google form. Kelayakan produk dilihat melalui uji validasi produk. Uji validasi produk diperoleh dari validator yang mendapat rentan skor rata-rata 3,36 dengan klasifikasi layak. Maka dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian formatif berbasis google form layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Kunandar, K. 2013. Penilaian autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Nanga, Reyneldis. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Jurnal Penyesuaian Kelas X SMK. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mahmuzah, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1).

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., Surahman, E., & Ridwan, I.M. (2021). Digital literacy and cognitive abilities of preservice physics

teacher in physics for school course using LMS3: How are the both correlated?. Journal of Physics Conferece Series, (2098). 1-6. doi:10.1088/1742-6596/2098/1/012011Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. 2016. Efektivitas model pembelajaran cups: dampak terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Madrasah Aliyah Mathla’Ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233-244.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.2861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats