Pembelajaran Daring, Sudah Maksimalkah?
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran daring berdasarkan hasil survei para guru dan peserta didik. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan secara online melalui google form kepada peserta didik dan guru. Jumlah keseluruhan peserta didik yang mengisi kuesioner adalah 64 peserta didik, yakni 3 peserta didik di tingkat SMP, 27 peserta didik di tingkat SMA, dan 34 mahasiswa. Selanjutnya jumlah keseluruhan guru yang mengisi kuesioner adalah 24 guru, yakni 16 guru mengajar di tingkat SMP dan 8 guru mengajar di tingkat SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya perubahan sistem pembelajaran yang sebelumnya tatap muka secara langsung antara guru dan peserta didik menjadi pembelajaran daring akibat pandemi covid-19 menimbulkan beberapa masalah dalam pembelajaran bagi peserta didik dan guru. Masalah tersebut antara lain peserta didik kurang berkonsentrasi saat belajar, materi yang disampaikan oleh guru kurang dipahami, dan jam pelajaran juga mempengaruhi pada keefektifan pembelajaran. Sedangkan bagi guru diantaranya, kendala jaringan, minimnya keterampilan dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, interaksi dengan siswa selama pembelajaran daring lebih terbatas dibandingkan pembelajaran luring, dan kesulitan mengolah kelas selama pembelajaran daring dengan keterbatasan waktu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barokah, D. R. (2019, November 18). Kominfo: 83 % Pengguna Internet Adalah Pengguna Whatsapp. Retrieved from https://www.gatra.com/detail/news/457263/teknologi/kominfo-83-pengguna-internet-adalah-
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal basicedu, 5(4), 1909-1917.
Esy. (2018, November 25). Prof Ojat: Guru Tidak Akan Tergantikan Oleh Teknologi. Retrieved from m.jpnn.com: https://www.jpnn.com/news/prof-ojat-guru-tidak-akan-tergantikan-dengan-teknologi
Gloria. (2020), WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. Tersedia online Kompas. https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global?page=all
Gunawan, H., (2017). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
Hermawan, Y. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Pendidik di Era Digital. QUALITY, 8(2), 303-318.
Kemendikbud. (2020), Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19, SIARAN PERS Nomor: 067/Sipres/A6/III/2020 Tersedia online https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19
Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Faried, A. I., Arpan, A., Hasibuan, A. F. H., ... & Vinolina, N. S. (2020). Teaching from home: Dari belajar merdeka menuju merdeka belajar. Yayasan Kita Menulis.
Muhajir, S. N., Masara, A., & Ramdani, G. (2021). Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika. JURNAL Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(1), 24-28.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Purwanto, A., Ichsan, I. Z., Gomes, P. W. P., & Rahman, M. M. (2020). ESBOR during COVID-19: Analysis Students Attitude for Develop 21st Century Environmental Learning. Online Submission, 15(7), 20-29.
Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., Surahman, E., and Ridwan, I.M. (2021). Digital literacy and cognitive abilities of preservice physics
teacher in physics for school course using LMS3: How are the both correlated?. Journal of Physics Conferece Series, (2098). 1-6. doi:10.1088/1742-6596/2098/1/012011
Sajow, G. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Menengah Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Jurnal Politico, 10(4).
Sugiyono, N. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi di SMK Pasundan Cimahi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 47-60. Retrieved September 11, 2021
Thabroni, G. (2021, Februari 11). Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian,Langkah & Macam. Retrieved from serupa.id: https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif
Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., ... & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Dindin Jamaludin, T. R. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. 1-10.
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 DIFFRACTION
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: diffraction.fisika@unsil.ac.id
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international