Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains pada Bahasan Usaha dan Energi di Madrasah Aliyah

Resti Ardianti, Endang Surahman, Eko Sujarwanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh instrumen penilaian yang disusun pendidik untuk dijadikan alat ukur hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi belum memuat aspek literasi sains. Kemampuan pendidik dalam membuat instrumen penilaian yang bermuatan literasi sains masih belum memadai. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian literasi sains yang valid, reliabel dan layak untuk digunakan pendidik sebagai alat ukur kemampuan literasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan langkah penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Instrumen penilaian yang dikembangkan diadaptasi dari dimensi PISA yang memuat aspek konteks, aspek pengetahuan ilmiah dan aspek kompetensi. Produk akhir dalam penelitian pengembangan ini adalah instrumen penilaian literasi sains untuk mengukur kemampuan literasi sains yang telah dinyatakan valid, reliabel dan layak yaitu berupa 20 butir soal pilihan ganda biasa. Hasil validasi instrumen penilaian oleh ahli bahasa, ahli materi dan respon pendidik masing-masing berada dalam kategori sangat valid. Validitas butir soal dinyatakan 19 soal valid dengan reliabilitas tinggi. Instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan valid, reliabel dan layak untuk digunakan oleh pendidik dalam mengukur kemampuan literasi sains peserta didik di Madrasah Aliyah. Instrumen penilaian literasi sains tersebut diharapkan dapat menjadi instrumen penilaian bagi peserta didik tingkat Madrasah Aliyah dan diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada pendidik dalam mengembangkan instrumen penilaian literasi sains.

Keywords


Instrumen Penilaian; Literasi Sains; Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References


Asniati, M. (2019). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Google Form untuk Siswa SMP pada Materi Kalor. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Murti, W. W., & Titin, S. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Trenggalek. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33-43. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/download/4386/2767

Novanti, S., K., E., Erni, Y., & Vita, R., M. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa SMP Materi Tekanan Zat dan Penerapannnya dalam Kehidupan Sehari-hari. Published: Jurnal Pembelajaran Sains. 2(2), 6-11. DOI:http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i2p6-12

OECD. (2018). PISA 2015 PISA Result in Focus. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). Retrieved from http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/2100




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v4i1.5359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats