Persepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Circuit Wizard di Masa Pandemi pada Materi Gerbang Logika

Rifa Anjiana, Intannia Mulya Rosa, Shofa Meilinda, Ifa Rifatul Mahmudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan fisika terhadap penggunaan media pembelajaran virtual laboratorium circuit wizard pada masa pandemi pada materi gerbang logika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Data untuk penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang diisi secara online oleh siswa menggunakan google form. Kuesioner terdiri dari 4 aspek meliputi aspek pemahaman materi, aspek penggunaan software Circuit Wizard, aspek motivasi dan keterampilan, dan aspek kegunaan modul. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah elektronika dasar sebanyak 60 mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan melihat persentase jawaban kemudian melihat hasil kategori interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek pemahaman materi dengan nilai 65,56%, aspek penggunaan media Circuit wizard dengan nilai 61,07%, aspek motivasi dan keterampilan dengan nilai 54,56%, dan aspek kegunaan modul dengan nilai 63,26%. Jadi kesimpulan dari penelitian terkait persepsi mahasiswa pendidikan fisika tentang penggunaan software Circuit Wizard saat pandemi pada materi gerbang logika adalah baik dan mahasiswa setuju dalam menggunakan Circuit Wizard.


Full Text:

PDF

References


Abdjul, Tirtawaty. (2014). Pembelajaran Fisika Berbasis Virtual Lab. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7, Issue 2).

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 550. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastrahttp://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra

B. Prasetyo, S. Pathmantara, and I. A. E. Z. (2016). Pengaruh penerapan circuit wizard terhadap prestasi belajar elektronika analog dan digital pada siswa smk. 39(2), 127–134.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186.

Makiyah, Y. S., Nurdiansah, I., Mahmudah, I. R., & Maulidah, R. (2022). Implementasi Software Circuit Wizard Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 15(1), 22–27. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/radiasi.v15i1.1844

Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553

Muldani, D., Syamsiah, N., Wahrudi, & Nurasa. (2021). Laboratorium Virtual dengan Circuit Wizard Untuk Menunjang Praktikum Jarak Jauh Pada Laboratorium Elektro. Prosiding Simposium Nasional Multidisplin, 3.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Pratiwi, W., Fuada, S., Zanah, F. W., & Resyasari, N. (2021). Analisis Rangkaian Wheatstone Bridge Menggunakan Simulator Circuit Wizard, Proteus, dan Multisim. Telecommunications, Networks, Electronics, and Computer Technologies, 1(1), 1–13.

Purwanto, A., Hendri, M., & Susanti. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PhET Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahasan Listrik Magnet di Kelas SMPN Kabupaten Tebo. Jurnal EdulFisika, 01(01), 22–27.

Rais, A. A., Hakim, L., & Suliswati, S. (2020). Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Reseach Journal, 2(1), 1.

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Setiadi, R., & Muflika, A. A. (2015). Eksplorasi Pemberdayaan Coursware Simulasi PhET untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pengajaran Matematika San Ilmu Pengetahuan Alah, 2(17), 258.

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Susilawati, & Yasir, M. (2021). Transformasi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyaraka, 1. https://doi.org/xxxxx/ejpm.vxix.xxxx

Wahyudi, W., & Lestari, I. (2019). Pengaruh Modul Praktikum Optika Berbasis Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 33. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3317




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v4i1.5830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rifa Anjiana, Intannia Mulya Rosa, Shofa Meilinda, Ifa Rifatul Mahmudah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats