Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Kalor

Armini Haji Talib, Dewi Amiroh

Abstract


Penguasaan konsep yang rendah akan mengakibatkan siswa mengalami kesulitan belajar, terutama pada materi Fisika yang mendasar yaitu materi kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar pengaruh pendekatan multi representasi dengan model discovery learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor. Jenis penelitian yaitu quasi-experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Hasil perhitungan data diperoleh thit  ttab yaitu 37,39  2,008 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Perhitungan N-gain diperoleh hasil 0,19 kelas eksperimen dan 0,07 kelas kontrol. Besar pengaruh pendekatan multi representasi dengan model discovery learning diuji dengan menggunakan effect size yaitu 2,74. Hal ini bisa disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan multi representasi dengan model discovery learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Keywords


Discovery learning; konsep; multi representasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta : Bumi Aksara 2012.

Cohen. L., Manion, L., & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education Sixth Edition. Newyork, Taylor & Francis e-Library.

Amiroh, D., Sibua, S., Astuti, S. 2021. Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Materi Gelombang. Brilliant: Jurnal Riset dan Konseptual 6(2), 290-302.

Doyan, M. Taufik, R. Anjani.2018 Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik (jurnal) (diterbitkan 2018).

Hake, R.R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal Physics, 66(1).

Hermawanto, Kusairi, S., Wartono.2013. Pengaruh Bleded Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X (jurnal) (diterbitkan 2013).

Pusat Penilaian Pendidikan.2018. Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil Pisa.2018

Rawanti, R., Werdhiana, K., Pasaribu, M. 2020. Pengaruh Model Discovery learning Dengan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Gerak Lurus (jurnal) (diterbitkan 2020)

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Ahmad, Y., Kusairi, S., Parno. 2018. Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XII Pada Materi Fluida Statis.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v4i2.6588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats