Pengembangan E-Modul Flipbook Hukum Hukum Newton Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Ima Puspita Rukmi, Tsania Nur Diyana

Abstract


Saat ini, kemampuan berpikir kritis siswa SMA masih rendah. Hal ini dikarenakan metode serta model pembelajaran yang digunakan kurang melibatkan aktivitas siswa. E-Modul flipbook berbasis discovery learning menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dari E-Modul flipbook pada materi hukum-hukum newton yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan jenis 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi yang dinilai oleh 1 dosen ahli dan 1 guru fisika SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata keseluruhan penilaian terhadap E-Modul yang dikembangkan sebesar 93% sehingga masuk ke kategori sangat layak untuk digunakan. Dengan demikian, E-Modul yang dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.

Keywords


Discovery Learning; E-Modul Flipbook; Hukum – Hukum Newton; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi hukum newton tentang gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67-72. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472

Asimi, A. R., & Surbakti, A. N. D. B. (2018). Pengembangan e-modul berbasis flip book maker materi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 1–10.

Brigenta, D., Handhika, J., & Sasono, M. (2017). Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 167-173.

Daryanto. (2013). Menyusun modul, bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Penerbit Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Depdiknas.

Djemari, M. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Nuha Medika.

Dwi, P., & Putra, A. (2015). Pengembangan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan fisika. Jurnal Fisika Indonesia, XIX(55), 45-48.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: rhat it is and why it counts. Insight Assessment.

Fatihah, S. H., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2020). Inovasi bahan ajar dinamika gerak dengan modul pembelajaran berbasis discovery learning. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2), 175–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2064

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, Knpmp I, 580–590.

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan modul kontekstual aritmatika sosial kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562-576. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.278

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, I(2), 147-161.

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 21. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2692

Latifah, N., Ashari, & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-modul fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. JIPS: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(01), 1-7.

Lumbantobing, M. A., Munadi, S., & Wijanarka, B. S. (2019). Pengembangan e-modul interaktif untuk discovery learning pada pembelajaran mekanika teknik dan elemen mesin. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i1.24275

Melida, H. N., Sinaga, P., & Feranie, S. (2016). Implementasi strategi writing to learn untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi hukum newton. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 31–38. https://doi.org/10.21009/1.02205

Nugraheni, D. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah mekanika. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 23-32. https://doi.org/10.51667/pjpk.v1i2.341

Nurlaili, R., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2021). Pengembangan e-module berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII berdasarkan penelitian analisis korelasi kanonik dari persilangan tanaman kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(2), 213. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14451

Pesingkai, S. (2022). Penerapan model disovery learning pada pelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar kelas XII IPS 2 SMAN 1 Rote Barat Daya. Jurnal Mitra Pendidikan, 6(11), 670-684.

Puspita, I., Kaniawati, I., & Suwarna, I. R. (2017). Analysis of critical thinking skills student on the topic of optic geometry. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1811/1/012036

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui problem posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Susanti, E., Rizal, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Usability of Screencast in 1st Basic Physics Lectures During the Covid-19 Pandemic: Student’s Perception Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 459-465.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Indiana University Bloomington.

Tran, T., Nguyen, N.-G., Bui, M.-D., & Phan, A.-H. (2014). Discovery learning with the help of the geoGebra dynamic geometry software. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 7(1), 44-57.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.6751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats