Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Pendekatan Diferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik

Gina Gusliana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami konsep fisika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta rendahnya keterampilan proses sains yang dimiliki peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan pendekatan diferensiasi pada konten energi alternatif dan pemanasan global. Jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 36 orang peserta didik kelas X SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas pembelajaran, tes pemahaman konsep, dan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami meningkat (rata-rata nilai 64 menjadi 80,4) dan keterampilan proses sains peserta didik meningkat terutama dalam aspek dalam menafsrikan data dan mengajukan pertanyaan meningkat 14,3%, aspek berhipotesis meningkat 20%, merencanakan percobaan meningkat 4,7%, menggunakan alat dan bahan 9,5%, serta aspek berkomunikasi mengalami peningkatan sebesar 28,6%.


Keywords


Diferensiasi, guided inquiry, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Afifah., Siswanto. (2019). Kombinasi Model Guided Inquiry dan Strategi JIGSAW untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa VIIIF Materi Sistem Pencernaan Manusia. Indonesian Journal of Natural Science Education.

https://jom.untidar.ac.id/index.php/ijnse/article/view/4 53/pdf

Bekiroglu, F. & Arslan, A. (2014). Examination of the Effects of ModelBased Inquiry on Students’ Outcomes: Scientific Process Skills and Conceptual Knowledge. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1187 – 1191.

Depdiknas .2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Gumilar, S., & Subali, B. (2018, March). Scientific method by argumentation design: learning process for maintaining student’s retention. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012021). IOP Publishing

Gürses, A., Çetinkaya, S., Doğar, Ç., & Şahin,E. (2015). Determination of levels of use of basic process skills of high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 644–650. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.04.243

Harlen, W. (2014). Helping children’s development of inkuiri skills. Inkuiri in primary science education (IPSE), 1: 5-19.

Hopkins, David.A. (2010). Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadhelpia: Open University Press. hlm. 44

Mahmudah, I. R., Maulidah, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Profil keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika: Analisis proyek pengamatan sunspot dalam pembelajaran IPBA. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 49–55. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4476

Riyadi, Idhun P., Prayitno, Marjono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi UNS, 7 (2): 80-93.https://media.neliti.com/media/publications/119339-ID-none.pdf

Susilowati, Dwi. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika.

https://jurnal.stieaas.ac.id/index.php/jie/article/view/175/1 38

Tomlinson, Carol (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Differentiated Instructions provides access for all students to the general education curriculum. The method of assessment may look different for each child, however the skill or concepts taught is the same. Classrooms (dalam bahasa Inggris) (edisi ke-2). Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Wenning, C., J. (2011). Experimental inkuiri in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education, 6 (2): 2-8.

Zehra., Nermin. (2009). The Effect of Guided Inquiry method on Preservice Teachers’ Science Teaching Self-Efficacy Beliefs. Journal of Turkish Science Education. Volume 6, Issue 2.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.8496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gina Gusliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats