Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Aplication Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Topik Gelombang Bunyi
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arfiansyah, L. P., Akhlis, I., & Susilo, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis scratch pada pokok bahasan Alat Optik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 66-74. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29515
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (http://bsnp-indonesia.org/instrumenpenilaian-btp-sd-kelas-iv/kegrafikaan/, diakses pada tanggal 5 Desember 2023).
Dewi, L. R., & Anggaryani, M. (2020). Pembuatan media pembelajaran fisika dengan augmented reality berbasis android pada materi alat optik. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(03), 369-376. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p369-376
Imawati, S., & Shubchan, M. A. (2018). The Implementation of Scratch Application in Mathematics Learning. Proceedings of International Conference, 425–432. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/bksptis/article/view/3603/2641
Iskandar, R. S. F., & Raditya, A. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN SCRATCH. In Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 167-172. https://repository.unair.ac.id/73915/
Kadir, A. (2016). Scratch for Arduino. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Kemal, I. (2021). Pengembangan Media Bullet Motion Berbasis Scratch 3.0 Sistem Android Pada Materi Gerak Parabola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Thesis: Universitas Muhammadiyah Mataram
Martanti, A. P., Hardyanto, W., & Sopyan, A. (2013). Pengembangan media animasi dua dimensi berbasis java scratch materi teori kinetik gas untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/upej.v2i2.2661
Ningrum, N. I., Akhdinirwanto, R. W., Fatmaryanti, S. D., & Kurniawan, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 6(1), 32-41. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.365
Nuraeni L, E., Muharram, M. R. W. M., & Fajrin, B. S. (2021). Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan Aplikasi Scratch. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 140-149. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.962
Nurmaulidina, S., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on 3D Scratch Applications on Light Wave Matter Grade 11 High School. NUCLEUS, 3(1), 54-63. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i1.682
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. DOI: 10.33511/MISYKAT.V3N1.17
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Sepriyanti, I., Husna., & Yanti, I.R. (2023). Pengembangan Media Macromedia Flash Berbasis Model Konteksual Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Bukit Sundi. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 5 (2), 80-90. https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.8614
Sugiyono, S. (2013). Model Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumargo, E & L. Yuanita. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemichal Education, 3(1): 119-133. https://doi.org/10.26740/ujced.v3n1.p%25p
Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan bahan ajar digital gerak melingkar berbantuan scratch berbasis science, technology, engineering, and mathematics. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 284-290. https://doi.org/10.15294/upej.v9i3.45869.
Widiningrum, W. N., Hardyanto, W., Wahyuni, S., Marwoto, P., & Mindyarto, B. N. (2021). Meta-analisis media scratch terhadap keterampilan computational thinking siswa sma dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika e-ISSN, 8(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.19433
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.9399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurfadhilah Dwiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: diffraction.fisika@unsil.ac.id
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international