Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Aplication Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Topik Gelombang Bunyi

Nurfadhilah Dwiyanti, Riki Perdana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya physics identity peserta didik dalam mata pelajaran fisika. Rendahnya physics identity peserta didik ini diakibatkan media yang belum sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif fisika menggunakan 3D Aplication Scratch untuk meningkatkan physics identity peserta didik dengan menggunakan model 4D. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen angket validasi. Teknik analisis data dengan merata-ratakan skor penilaian yang kemudian dikonversikan dengan kategori yang sudah ditetapkan. Hasil uji kelayakan media pembelajaran pada aspek Desain Komunikasi Visual didapatkan skor rata-rata 3.90 atau 98%, aspek Rekayasa Perangkat Lunak diperoleh 3.90 atau 98% dan aspek Kualitas Media Pembelajaran diperoleh 3.80 atau 95%. Berdasarkan hasil analisis data, pengembangan media pembelajaran fisika dengan berbatuan 3D Aplication Scratch pada topik gelombang bunyi untuk meningkatkan physics identity peserta didik sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil studi ini merekomendasikan aplikasi Scratch 3D agar lebih banyak digunakan dalam penelitian selanjutnya untuk memberikan pengalaman belajar interaktif dan visual dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep fisika dan mendorong menemukan hal-hal baru.

References


Arfiansyah, L. P., Akhlis, I., & Susilo, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis scratch pada pokok bahasan Alat Optik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 66-74. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29515

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (http://bsnp-indonesia.org/instrumenpenilaian-btp-sd-kelas-iv/kegrafikaan/, diakses pada tanggal 5 Desember 2023).

Dewi, L. R., & Anggaryani, M. (2020). Pembuatan media pembelajaran fisika dengan augmented reality berbasis android pada materi alat optik. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(03), 369-376. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p369-376

Imawati, S., & Shubchan, M. A. (2018). The Implementation of Scratch Application in Mathematics Learning. Proceedings of International Conference, 425–432. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/bksptis/article/view/3603/2641

Iskandar, R. S. F., & Raditya, A. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN SCRATCH. In Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 167-172. https://repository.unair.ac.id/73915/

Kadir, A. (2016). Scratch for Arduino. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Kemal, I. (2021). Pengembangan Media Bullet Motion Berbasis Scratch 3.0 Sistem Android Pada Materi Gerak Parabola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Thesis: Universitas Muhammadiyah Mataram

Martanti, A. P., Hardyanto, W., & Sopyan, A. (2013). Pengembangan media animasi dua dimensi berbasis java scratch materi teori kinetik gas untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/upej.v2i2.2661

Ningrum, N. I., Akhdinirwanto, R. W., Fatmaryanti, S. D., & Kurniawan, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 6(1), 32-41. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.365

Nuraeni L, E., Muharram, M. R. W. M., & Fajrin, B. S. (2021). Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan Aplikasi Scratch. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 140-149. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.962

Nurmaulidina, S., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on 3D Scratch Applications on Light Wave Matter Grade 11 High School. NUCLEUS, 3(1), 54-63. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i1.682

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. DOI: 10.33511/MISYKAT.V3N1.17

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Sepriyanti, I., Husna., & Yanti, I.R. (2023). Pengembangan Media Macromedia Flash Berbasis Model Konteksual Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Bukit Sundi. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 5 (2), 80-90. https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.8614

Sugiyono, S. (2013). Model Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumargo, E & L. Yuanita. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemichal Education, 3(1): 119-133. https://doi.org/10.26740/ujced.v3n1.p%25p

Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan bahan ajar digital gerak melingkar berbantuan scratch berbasis science, technology, engineering, and mathematics. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 284-290. https://doi.org/10.15294/upej.v9i3.45869.

Widiningrum, W. N., Hardyanto, W., Wahyuni, S., Marwoto, P., & Mindyarto, B. N. (2021). Meta-analisis media scratch terhadap keterampilan computational thinking siswa sma dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika e-ISSN, 8(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.19433




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.9399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats